Sederet Gerhana Ini Akan Muncul di Tahun 2021, Cek Tanggalnya!

JABARNEWS | BANDUNG – Sejumlah peristiwa penoma alam diantara meliputi gerhana matahari dan gerhana bulan akan terjadi di sepanjang tahun 2021.

Pada tahun 2021 ini, penomena gerhana bulan akan lebih sedikit daripada tahun 2020, pada tahun lalu terjadi enam kali gerhana, yakni empat kali gerhana bulan dan dua kali gerhana matahari. Sedangkan pada tahun 2021, akan terjadi dua erhana matahari dan dua gerhana bulan.

Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan bahwa berkurangnya jumlah gerhana pada 2021 hanya mengikuti Siklus Saros yang berlangsung selama 18 tahun 11 hari. Berikut gerhana yang akan ada di sepanjang tahun 2021, Simak!

Baca Juga:  Berjubel! Di Kota Ini Warga Rela Berdesakan Demi Ambil Bantuan Sosial

Gerhana Bulan Super, 21 Mei 2021

Gerhana ini akan berlangsung selama lebih dari tiga jam dan bisa dinikmati dari Asia Timur, Australia, Pasifik, dan Amerika. Menurut blog astronomi Bintang Selatan, gerhana bulan ini terjadi bertepatan dengan saat Bulan berada pada titik terdekat dengan Bumi (perigee) – karenanya disebut gerhana bulan super.

Di Indonesia gerhana ini tak bisa dinikmati dari awal karena dimulai sejak pukul 15.47.39 WIB, sebelum Matahari terbenam. Gerhana mencapai puncaknya pada 18.11.25 WIB – karenanya mereka di Indonesia Tengah dan Timur masih berpeluang menikmati fenomena langit ini.

Baca Juga:  Surat Sri Nurlaena: Ambu Kau Adalah Srikandi Harapan Kita

Gerhana Matahari Cincin, 10 Juni 2021

Gerhana ini akan bisa dinikmati di beberapa bagian dunia, mulai dari sebagian Amerika Utara, Asia, Kanada, Greenland, dan Russia. Indonesia tampaknya tak akan bisa menikmati perisitwa langit ini. Sementara jalur cincin – ketika Matahari tampak seperti cincin api yang melingkari bola hitam – akan dinikmati mereka di Kanada, Greenland, dan Rusia – selama hampir empat menit.

Gerhana Bulan Sebagian, 19 November 2021

Terjadi ketika sebagian bulan masuk dalam bayang-bayang Bumi. Peristiwa ini bisa dinikmati mereka di Amerika, Eropa Utara, Asia timur, Australia, dan Pasifik.

Baca Juga:  Polres Bogor Tangkap Tiga Pelaku Pencurian dengan Modus Kempis Ban

Di Indonesia, fenomena ini agak sukar disaksikan karena berlangsung sebelum Matahari terbenam. Sebagian orang di Indonesia akan bisa menikmati gerhana bulan sebagian ini saat prosesnya sudah nyaris berakhir.

Gerhana Matahari Total, 4 Desember 2021

Penomena ini akan menutup 2021, karena terjadi pada 4 Desember. Berbeda dari gerhana matahari cincin pada Juni, gerhana matahari total ini bisa dinikmati mereka yang berada di belahan Bumi bagian selatan, khususnya yang tinggal di Antartika, Afrika Selatan, Amerika Selatan, Australia, dan Selandia Baru.