Konsumsi Produk Lokal, Ketua MPD PKS Cianjur: Untuk Menopang UMKM di Daerah

JABARNEWS I CIANJUR – Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS Kabupaten Cianjur sekaligus Ketua MPD PKS Cianjur, Wilman Singawinata mengajak kepada masyarakat, untuk mengkonsumsi produk dalam negeri.

Hal tersebut untuk menopang para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Cianjur agar bisa lebih meningkatkan dan produk-produk unggulan lokal yang diproduksi bisa laku pesat di pasaran.

“Karena, banyak UMKM perlu dirangkul pemerintah melalui program. Sehingga, di masa pandemi Covid-19 saat ini terus bertahan meskipun terdampak,” kata Wilman. Senin (4/1/2021).

Baca Juga:  Sampah di Kota Bandung Meningkat Dua Kali Lipat, DLH: Mayoritas Anorganik

Ia mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama membiasakan dan membeli produk lokal sebagai bukti cinta kepada produk-produk Indonesia.

“Maka itu saya mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi barang dan jasa prioritas produk dalam negeri,” ujarnya.

Wilman menuturkan, memasuki tahun 2021 ini sudah harus sama-sama saling memajukan potensi unggulan putra daerah, baik itu kebutuhan sandang, pangan dan papan.

“Nah, sehingga roda ekonomi terus berputar di daerah sendiri. Bila maju dan berkembang bisa masuk menjadi pendapat anggaran daerah (PAD),” jelasnya.

Baca Juga:  Pedagang Mie Keliling di Majalengka Cabuli 4 Anak di Toilet Tempat Ibadah

Politisi dari PKS ini menyambungkan, perlu diketahui. Bahwa masyarakat Cianjur potensi menciptakan produk lokal tidak kekurangan. Banyak berbagai aneka ragam, dari mulai pertanian, kerajinan tangan, kuliner dan Sumber Daya Alam (SDA) juga Sumber Daya Manusia (SDM pun bisa bersaing mumpuni. Artinya tidak ketinggalan dengan kabupaten/kota lainnya.

“Apalagi bila bicara soal produk unggulan di Indonesia, nah di kelas lokal pun seperti kabupaten banyak. Jadi harus kita banggakan dan cintai,” paparnya.

Baca Juga:  "Si Perut Laper" Raih Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019

Terakhir, Wakil Ketua DPRD Cianjur menambahkan, tapi semua itu butuh support dan dukungan semua elemen lapisan masyarakat. Jadi, harus saling menopang antara satu dengan yang lainnya. Sehingga bisa maju bersama, dan hasilnya dinikmati bersama pula.

“Bila sudah terbiasa beli produk lokal, yakin Cianjur akan maju dan berkembang. Ya, meskipun butuh proses,” pungkasnya.

Penulis: Mamat Mulyadi