Kebakaran di Kota Depok Turun 80 Kasus Selama Tahun 2020

JABARNEWS | DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mencatat kasus kebakaran di Kota Depok mengalami penurunan selama tahun 2020.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan penyelamatan Kota Depok Denny Romulo Hutahuruk mengatakan, selama tahun 2020 hanya terjadi kebakaran sebanyak 123 kasus.

Ia mengatakan, pada tahun 2019 lalu, kebakaran yang terjadi di Kota Depok mencapai 203, artinya ada penurunan sebanyak 80 kasus selama tahun 2020.

Baca Juga:  PDAM Purwakarta Buka Seleksi Calon Direktur Administrasi dan Keuangan, Cek Syarat dan Waktu Daftarnya Disini

Denny merinci, dari 123 kasus kebakaran tersebut terjadi pada Januari sebanyak sembilan kasus, Februari 11 kasus, Maret 13 kasus, April 13 kasus, Mei enam kasus, dan Juni tujuh kasus.

Kemudian, Juli 11 kasus, Agustus 18 kasus, September 17 kasus, Oktober delapan kasus, November lima kasus, Desember lima kasus.

“Mayoritas kasus kebakaran tahun ini disebabkan korsleting listrik sebanyak 78 kasus. Sementara penyebab lainnya yaitu kompor meledak 14 kasus, serta puntung rokok dan sebagainya 31 kasus,” kata Denny seperti dilansir dari Berita Depok pada Rabu (06/01/21).

Baca Juga:  Peringati Hari Santri Nasional, Ratusan Santri Di Subang Pawai Keliling Kota

Atas dasar tersebut, Denny mengimbau kepada masyarakat Kota Depok untuk untuk melakukan sejumlah langkah pencegahan terjadinya korsleting listrik.

Langkah tersebut dikatakan Denny seperti, rutin mengecek kabel yang sudah berusia lebih dari lima tahun, menggunakan peralatan elektronik sesuai dengan prosedur, dan menjauhkan barang yang mudah terbakar.

Baca Juga:  Polisi Sita Ratusan Miras Oplosan Kemasan Plastik di Purwakarta

Dia juga menyarankan agar setiap rumah dan tempat usaha menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Tabung ukuran 5 kg untuk skala rumah tangga serta tempat usaha tabung 6 kg.

“Jika terjadi kebakaran warga bisa menelpon Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 agar bisa segera ditangani petugas,” tutupnya. (Red)