Pemprov Jabar Dorong Setiap Daerah Siapkan Vaksinasi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) proaktif membantu pemerintah kabupaten/kota menyiapkan proses vaksinasi Covid-19.

Koordinator Sub Divisi Imunisasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jabar dr. Panji Fortuna Hadisoemarto mengatakan, dukungan dan bantuan diberikan supaya pemerintah kabupaten/kota siap memulai vaksinasi Covid-19.

“Kami memfasilitasi pelatihan vaksinator secara bertahap sampai akhir Januari. Kami membantu kabupaten/kota meningkatkan kapasitas baik dari SDM dan logistik untuk memulai vaksinasi Covid-19,” kata Panji di Bandung, Jumat (8/1/2020).

Baca Juga:  Jual Narkoba ke Polisi, Pria Asal Tebing Tinggi Ditangkap

Dia menjelaskan, Pemprov Jabar akan melakukan pelatihan kepada sekitar 11.000 vaksinator sampai akhir Januari 2021. Selain itu, lanjut Panji, pelatihan bagi dokter dan petugas vaksinasi Rumah Sakit TNI/Polri dan klinik di Jabar sudah dilakukan. Pun demikian dengan Rumah Sakit Umum Daerah di 27 kabupaten/kota.

“Kami juga mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk menyimulasikan proses penyuntikan vaksin Covid-19,” jelasnya.

Menurut Panji, Provinsi Jabar mendapat alokasi 97.080 dosis yang terbagi dalam dua tahap distribusi. Tahap I sebanyak 38.400 dosis. Sementara Tahap II sebanyak 58.680 dosis.

Baca Juga:  Lomba Tingkat Provinsi Jabar, Tim PKK Bogor Optimis Juara Umum

Sedangkan, berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Jabar, terdapat total 161.242 sasaran nakes di 27 kabupaten/kota se-Jabar untuk vaksinasi. Jumlah bisa meningkat dengan penambahan daftar SDM lain di fasyankes.

Selain itu, terdapat 1.094 puskesmas sudah terlatih, 27 wakil supervisor kabupaten/kota sudah terlatih, 67 rumah sakit umum di 27 kabupaten/kota sudah terlatih, 18 RS TNI, Polri, BUMN, sudah terlatih, serta tambahan 46 cold chain TCW 3000.

Baca Juga:  Dukung Pemulihan Ekonomi, Kapolres Cianjur Sambangi UMKM Rambati Nusantara Cibeber

Panji mengungkapkan, Pemda Provinsi Jabar siap untuk memulai vaksinasi Covid-19. “Ada beberapa hal yang akan diperbaiki terus dari vaksinasi mulai hingga sesudah vaksinasi. Kami akan terus menyempurnakannya,” ungkapnya.

Pemprov Jabar intens memperkuat persiapan logistik vaksinasi Covid-19. Mulai dari cold chain, cold room, alat pemantau suhu, vaccine carrier, cold box, sampai kendaraan pendingin.

Penulis: Rian Nugraha