CEK FAKTA: Benarkah Vaksin Sinovac Bisa Perbesar Ukuran Alat Kelamin?

JABARNEWS | JAKARTA – Jagad media sosial dohebohkan dengan kabar yang menyebutkan bahwa Vaksin Sinovac memberi efek samping pembesaran alat kelamin laki-laki.

Dalam informasi yang beredar, disebutkan bahwa penggunaan vaksi Sinovac dapat memperbesar ukuran penis hingga 3 inci atau setara dengan 7 sentimeter. 

Informasi soal efek dari penyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac itu tersebar setelah diunggah oleh akun Facebook Agus Papaa Jenggoot pada Kamis (7/1/2021).

Baca Juga:  Ketua DPD Golkar Kota Bandung Siap Maju Pilwalkot Bandung

Ia mengunggah foto potongan berita di sebuah koran dengan narasi sebagai berikut:

“Dalam sebuah jurnal terbitan Inggris misalnya, vaksin Sinovac disebutkan memberi efek samping pembesaran alat kelamin. Lelaki yang sudah disuntik vaksin buatan China tersebut disebutkan alat vitalnya memanjang sampai 3 inchi”.

Baca Juga:  Tercebur Sumur, Pria Gangguan Jiwa di Depok Ditemukan Tewas

Lantas, benarkah klaim tersebut? Ini faktanya.

Penjelasan: Jubir vaksinasi Covid-19 dari BPOM, Lucia Rizka Andalusia, menegaskan informasi tersebut hoaks. Jurnal yang disebutkan di klaim adalah studi yang telah diedit judulnya.

Studi asli yang diterbitkan pada ‘The New England Journal of Medicine berjudul ‘Phase 1-2 Trial of a SARS-CoV-2 Recombinant Spike Protein Nanoparticle Vaccine’ telah diedit menjadi ‘SARS-CoV-2 Recombinant COVID-19 Vaccine has shown to increase penis lenght by 3 inches in some individuals’.

Baca Juga:  DPPKB Purwakarta Gelar Perkemahan Pramuka

Kesimpulan: Klaim terkait vaksinasi Covid Sinovac yang bisa perpanjang alat kelamin ternyata tidak benar, hal tersebut dipastikan informasi yang salah atau Hoaks.