Manfaat Buah Tin Bagi Tubuh, Bisa Cegah Kanker Dan Diabetes

JABARNEWS | BANDUNG – Buah tin atau disebut juga dengan buah ara (Ficus carica) adalah buah yang cukup unik. Buah ini menyerupai tetesan air mata berwarna hijau atau ungu, dan berisi daging buah berwarna merah muda dengan ratusan biji kecil yang membuatnya menjadi renyah.

Manfaat buah tin untuk kesehatan pun tak perlu diragukan lagi. Rasanya yang manis ditambah dengan kandungan nutrisinya yang melimpah membuat buah tin cocok untuk dimasukkan ke dalam pilihan menu diet sehat Anda.

Rasa manis buah tin berasal dari kandungan gula alami yang kadarnya akan meningkat bila buah ini dikeringkan. Meski begitu, buah tin tetap termasuk buah yang rendah kalori. Satu buah tin segar (± 40 gram) mengandung kurang dari 50 kalori.

Baca Juga:  Hengki Kurniawan Minta Atlet Berprestasi di Bandung Barat Nyalon Dewan, Ini Alasannya

Selain itu, buah ini juga mengandung serat, vitamin B6, tembaga, dan antioksidan. Berkat kandungan nutrisi tersebut, buah tin memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber Berikut manfaat buah Tin Bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah terjadinya kanker – Selain mencegah penyakit kronis, antioksidan dalam buah tin juga dapat menangkal efek negatif dari radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh. Salah satunya adalah perkembangan penyakit kanker.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak buah tin memiliki aktivitas antikanker yang bisa bekerja pada sel kanker payudara. Namun, masih perlu penelitian dan uji klinis lebih lanjut sebelum potensi ini benar-benar bisa dikembangkan menjadi obat.

Baca Juga:  Sempat Rasakan Demam Usai Vaksinasi Covid-19, Ariel Noah: Cuma Perasaan Saja

2. Meningkatkan kesehatan kulit – Antioksidan pada ekstrak buah tin dinilai baik untuk menjaga kesehatan sel kulit, mengurangi kerusakan kolagen, dan memperbaiki kerutan pada kulit. Namun, penelitian ini masih sebatas pada hewan dan diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan efek buah tin pada kesehatan kulit.

3. Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh – Manfaat kesehatan dari buah tin dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan nutrisi yang beragam dan sifat antioksidan yang tinggi membuat buah tin dipercaya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Sifat antioksidan khususnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh. Ketika sistem imun kuat, maka ancaman infeksi bakteri, virus, dan cacing dapat ditangkap.

Baca Juga:  Gudang Minuman Sehat di Rampok, Sejumlah Karyawan Disekap

4. Cegah Diabetes – Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi buah tin terbukti dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. The American Diabetes Association merekomendasikan buah tin untuk penderita penyakit diabetes.

Selain itu, buah tin juga dapat menormalkan kadar asam lemak dalam darah, serta menstabilkan level vitamin E di dalam tubuh. Buah tin terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan zat antidiabetes lain di dalam tubuh.

5. Mencegah terjadinya penyakit kronis – Meski mengandung gula yang tinggi, buah tin menawarkan banyak antioksidan alami, seperti asam fenolik dan flavonoid. Kandungan antioksidan ini paling banyak ditemukan pada kulit buah tin, terutama yang berwarna ungu gelap.

Penulis: Muhammad Amaludin