Live Stream Bandung 132 TV


Walhi Desak Pemprov Jabar dan Pemkab Purwakarta Tutup Galian Ilegal di Sukatani

Saya atas nama lembaga (Walhi Jabar) memprotes keras pertambangan-pertambangan di wilayah Purwakarta dan meminta Bupati Purwakarta dan Gubernur Jawa Barat serta Aparat Penegak Hukum terkait untuk memberhentikan tambang-tambang tersebut.

Galian tanah di Sukatani, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta untuk segera menindak tegas dengan menutup tambang ilegal galian tanah C di Sukatani.

Ketua Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Dedi Kurniawan mengatakan, lokasi galian tanah C di Sukatani tersebut masuk ke dalam kawasan perhutani yang jelas melanggar regulasi. Oleh karena itu, lanjut dia, tambang itu sudah harus ditindak secara hukum oleh Aparat Penegak Hukum (APH), baik TNI maupun Polri.

Baca Juga:

Tempat Wisata Lembang Akan Ditutup, Ini penyebabnya

Capaian Kinerja Pemprov Jabar Menurun, LKPJ Gubernur Terima 66 Rekomendasi



“Nah, hal ini penting untuk kita ketahui dan saya atas nama lembaga (Walhi Jabar) memprotes keras pertambangan-pertambangan di wilayah Purwakarta dan meminta Bupati Purwakarta dan Gubernur Jawa Barat serta Aparat Penegak Hukum terkait untuk memberhentikan tambang-tambang tersebut,” kata Dedi saat dihubungi jabarnews.com, Senin (11/1/2021).

Tak hanya itu, dia meminta, proses izin yang akan dilakukan terkait pertambangan harus mempunyai analisa-analisa terkait dampak lingkungan ke depan dan juga kepentingan-kepentingan sumber daya alam.

“Jadi jangan sampai dampaknya terhadap lingkungan itu terjadi banjir, kekurangan air kemudian hal-hal lain kerawanan masyarakat seperti terjadi longsoran dan banjir,” jelasnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Walhi Jabar Galian Tanah C Galian Tanah Merah Tambang ILegal Sukatani Pemprov Jabar Ridwan Kamil Pemkab Purwakarta Anne Ratna Mustika Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

DPRD Minta Pemprov Jabar Prioritaskan Kesejahteraan Para Buruh

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi