Manfaat Wortel Bagi Tubuh Bisa Menjaga Berat Badan

JABARNEWS | BANDUNG – Wortel merupakan sayuran sarat vitamin yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Sayuran berwarna jingga ini merupakan sumber karotenoid atau beta karoten, kalium, serat, serta antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain diolah menjadi campuran sup, salad, atau lalapan, wortel juga bisa diracik menjadi minuman menyehatkan, seperti jus. Selain sehat dan lezat, jus wortel juga memiliki rasa yang unik, warna yang menggugah selera, dan kaya akan kandungan nutrisi, namun rendah kalori.

Dilansir dari beberapa sumber, Wortel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya:

Baca Juga:  Gedung GGM Bandung Bakal Dilengkapi Penginapan

1. Memperkuat daya tahan tubuh – Kandungan nutrisi pada jus wortel juga berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda sedang mengalami flu, konsumsilah jus wortel agar Anda cepat pulih dan bisa kembali melanjutkan aktivitas sehari-hari.

2. Membantu menjaga berat badan – Dalam 100 gram wortel terdapat sekitar 3 gram serat yang cukup mengenyangkan untuk perut. Bila ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mencoba mengkonsumsi jus wortel. Sebab, jus ini rendah kalori namun kaya akan asupan nutrisi.

Baca Juga:  Ingin Libur Bersahaja? Lakukan Cara Prouktif Ini

3. Meningkatkan kesehatan mata – Jus wortel adalah sumber beta karoten yang baik. Di dalam tubuh, beta karoten akan diolah menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin ini mampu melindungi mata dari beragam gangguan, seperti degenerasi makula, katarak, glaukoma, dan xerophthalmia. Jus wortel juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan alami yang bisa melindungi retina dan lensa mata.

4. Baik bagi Penderita Diabetes – Tahukah Anda bahwa manfaat wortel dapat dirasakan penderita diabetes?, Wortel sebagian besar mengandung air dan karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung terdiri dari pati dan gula, seperti sukrosa dan glukosa.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Keuangan 20 Mei 2022, Pemilik Rasi Bintang Leo dan Virgo

Selain itu, wortel juga mempunyai indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah makan.

5. Mencegah Konstipasi – Selain serat larut, wortel juga mengandung serat tak larut utama, yakni selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Kandungan tersebut menjadikan manfaat wortel berguna untuk menurunkan risiko konstipasi dan membantu memperlancar buang air besar.

Penulis: Muhammad Amaludin