Pemkab Cirebon Akan Terima Vaksin Covid-19 Pada Bulan Februari

JABARNEWS | CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon, menjamin pendistribusian dan penyimpanan vaksin Covid-19 aman hingga ke fasilitas kesehatan. Sebanyak 8.009 tenaga kesehatan dan 1,5 juta orang bakal menerima vaksin tersebut pada Februari mendatang.

Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menjamin pendistribusian dan penyimpanan vaksin Covid-19 aman hingga ke fasilitas kesehatan. Sebanyak tiga cold chain di gudang farmasi dan 75 di puskesmas, rumah sakit, dan pelayanan faskes telah disiapkan.

Baca Juga:  Kerangka Wanita Berusia 7.200 dari Suku Aborigin Australia Ditemukan di Gua Sulawesi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni mengatakan tahap pelaksanaan pertama vaksinasi Covid-19, Kabupaten Cirebon mendapatkan jatah sebanyak 8.009. Ribuan vaksin itu nantinya akan disuntikkan kepada seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Cirebon.

“Tahap pertama kami dapat sebanyak 8.009 Vaksin untuk disuntikan ke seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Cirebon,” katanya saat ditemui di Gudang Farmasi Kabupaten Cirebon. Senin (11/01/2021).

Baca Juga:  Terkait RKUHP di Indonesia Pemerintah Australia Keluarkan Travel Advice

Enny mengatakan, selain tenaga kesehatan, sasaran pada tahap pertama vaksinasi Covid-19 yakni, jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), dan kepala rumah sakit.

“Tahap pertama ini, menyasar kepada Nakes dan jajaran Forkopimda, baru selanjutnya kelompok masyarakat lainnya, seperti wartawan yang juga akan menerima vaksin,” katanya.

Kesiapan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Cirebon untuk menyambut kedatangan vaksin yakni menyediakan cold chain. Untuk tiga cold chain yang ada di Gudang Farmasi Kabupaten Cirebon, setiap unitnya mampu menampung 2.100 botol vaksin. Sedangkan di 75 tempatnya lainnya bisa menampung 400 botol vaksin.

Baca Juga:  Perlu Bantuan Tangani Covid-19, Masyarakat Bandung Bisa Kontak Nomor Ini !

“Kami sudah sangat siap, setelah vaksin tiba langsung akan didistribusikan ke tempat pelayanan suntik vaksin masing-masing,” katanya.

Penulis: Abdul Rohman