Lewat Sport Tourism, Disporaparbud Promosikan Keindahan Alam Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Saat ini, sport tourism sangat populer dan diminati banyak orang. Kombinasi olahraga dan wisata ini juga dapat mempromosikan pariwisata di Kabupaten Purwakarta.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, pada Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Acep Yuli Mulya.

“Penggabungan antara olahraga dan wisata itu sangat efektif dan cocok diterapkan di Kabupaten Purwakarta dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan,” ungkap Acep, saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Senin (11/1/2021).

Baca Juga:  Lantik Pengurus PAMK, Ini Pesan Kapolresta Deli Serdang

Melalui sport tourism ini, lanjut dia, nantinya para pesertanya dapat sekaligus menikmati keindahan alam juga mengetahui destinasi wisata di kabupaten Purwakarta.

“Potensi wisata olahraga di kabupaten Purwakarta sangat besar dan dapat menjadi daya tarik baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Potensi tersebut akan memiliki dampak ganda bagi pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang inklusif,” papar Acep.

Baca Juga:  Deklarasikan Dukungan, Gemuis Dorong Hegun Maju Jadi Ketua KNPI Jabar

Dijelaskannya, di tengah Pandemi Covid-19 seperti saat ini olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Pasalnya, tubuh yang bugar dan sehat akan lebih sulit dimasuki virus karena daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Acep menambahkan, dibarengi dengan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, olahraga bisa memberikan manfaat besar bagi setiap orang.

“Saat ini olahraga bukan hanya perkara soal lari, bersepeda, triathlon, renang, hingga mendaki gunung saja. Tetapi bisa dibalut dengan wisata yang dapat memberikan keuntungan secara ekonomi,” jelasnya.

Baca Juga:  Anak-anak Bersama Prajurit TNI Bermain Permainan Tradisional

Acep menambahkan, lewat sport tourism memberikan multiplier effect, mulai dari kesehatan, interakasi budaya dan sosial, meningkatkan perekonomian, hingga mempromosikan destinasi pariwisata.

“Sport tourism ini menyenangkan karena lewat olahraga banyak efek positif yang bisa didapatkan. Purwakarta ini negeri yang indah, maka perlu dikolaborasikan dengan olahraga agar promosinya bisa lebih meluas,” pungkasnya.

Penulis: Gigin Ginanjar