Pangdam Siliwangi: Penyekatan di Tiap Daerah yang Laksanakan PPKM!

JABARNEWS | BANDUNG – Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyatakan kesiapannya dalam melibatkan prajurit TNI penanganan Covid-19 di wilayah Jawa Barat.

Prajurit TNI, khususnya dari Kodam III/Siliwangi, akan turut membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal tersebut disampaikan Pangdam III Siliwangi saat mengikuti Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 tentang Evaluasi Perkembangan dan Penanganan serta penanggulangan Covid-19 di Jawa Barat.

Rapat itu turut diikuti oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dhofiri, serta unsur terkait lainnya bertempat di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin (11/1/2021).

Baca Juga:  ‎Dilarang, Pelajar Tetap Rayakan Kelulusan Dengan Corat-coret Seragam

Menurut Pangdam Siliwangi, TNI akan membantu Polri dan Satpol PP beserta tim kesehatan yang ditugaskan di posko yang didirikan di tiap kabupaten dan kota yang melaksanakan PPKM.

“Kita harus solid dalam menangani Covid-19, sesuai apa yang menjadi arahan dari Menko Maritim terkait penanganan Covid-19. Juga kita buat lagi peyekatan di tiap-tiap daerah agar penularan Covid-19 bisa ditekan,” kata Nugroho.

Baca Juga:  Pengedar Sabu Asal Yogyakarta Diringkus Polres Metro Bekasi

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan, saat ini ada enam kota dan kabupaten di Jabar yang termasuk zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Keenam daerah itu ialah Kabupaten Karawang, Ciamis, Garut, Bekasi, kemudian Kota Bekasi, dan Depok. Dari enam daerah tersebut, Karawang bahkan telah lima minggu berturut-turut berada di zona merah.

Untuk penerapan PPKM atau PSBB, kemungkinan di Karawang akan diberlakukan lebih lama di antara kabupaten lainnya di Jawa Barat. Diharapkan, penularan Covid-19 dapat terkendali.

Baca Juga:  Forkopimda Purwakarta Minta Masayarakat Jangan Terprovokasi

“Dengan berat hati, Karawang masih merah, jadi sudah lima minggu berturut-turut. Kami sudah menurunkan tim ke Karawang, mudah-mudahan secepatnya pulih,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur Jabar juga menyampaikan terima kasihnya, khususnya kepada TNI dan dari berbagai pihak atas dukungannya terhadap penyediaan fasilitas dan gedung untuk penanganan Covid-19 selama ini.

Bahkan, Secapa AD di Hegarmanah telah disiapkan untuk dijadikan tempat perawatan bagi pasien positif Covid- 19 dengan gejala yang ringan, sehingga mengurangi beban rumah sakit.

Penulis: Yoyo W