Lima Manfaat Cengkeh, Salah Satunya Bisa Menghilangkan Jerawat

JABARNEWS | BANDUNG – Indonesia terkenal dengan hasil rempah yang begitu beragam. Sering kali rempah digunakan sebagai penambah rasa suatu makanan maupun minuman. Nah, salah satu jenis rempah yang sering dimanfaatkan adalah cengkeh.

Rempah serbaguna yang memiliki nama latin Syzygium aromaticum ini berasal dari keluarga pohon Myrtaceae. Selain memiliki aroma dan rasa yang khas, cengkeh juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Dengan beragam kandungan pada cengkeh yaitu kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, zinc, folat, antioksidan, tak heran cengkeh dapat menunjang kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Nasabah Bank Mandiri di Majalengka Resah

Dilansir dari beberapa sumber, cengkeh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Memperlancar Pencernaan – Selain memperlancar proses pencernaan makanan, cengkeh juga membantu mengatasi kembung atau gas di dalam perut. Kandungan minyak esensial yang terdapat di dalam cengkeh juga mengurangi peradangan dan membunuh bakteri jahat di dalam perut.

Baca Juga:  Polres Tasikmalaya: Mulai Berbagi Kamar Hingga Tarif Prostitusi Online

2. Menurunkan Kadar Kolesterol – Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Heart Association, cengkeh memiliki efek yang cukup signifikan dalam mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh.

3. Meredam Nyeri Sendi – Cengkeh memiliki khasiat antinyeri dan antiradang. Bila dioleskan ke daerah yang nyeri, cengkeh dipercaya dapat memberikan sensasi hangat yang dapat membantu relaksasi otot yang cedera.

Baca Juga:  Emil Ingin Terapkan Program Unggulan Kota Bandung di Jawa Barat

4. Menghilangkan Jerawat – Cengkeh dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk mengatasi jerawat. Ini berkat kandungan cengkeh yang mengandung zat antibakteri dan antiradang.

5. Mengurangi Nyeri Gigi – Cengkeh mengandung komponen anti radang yang dapat mengurangi bengkak pada area gigi yang terinfeksi. Tidak hanya membunuh bakteri di dalam mulut, namun juga membantu menghilangkan nyeri gigi. Selain itu, cengkeh juga mampu mengatasi bau mulut.

Penulis: Muhammad Amaludin