Berdayakan Alumni Unpad, PBA Masifkan Gerakan UMKM di Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) terus bergerak dalam memberdayakan UMKM Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad).

Pendiri PBA, Ary Zulfikar mengatakan, Gerakan Komunitas UMKM Alumni Unpad yang yang dikelola oleh PBA diharapkan dapat mengembangkan para pelaku UMKM.

“Perjalan seribu langkah dimulai dari satu langkah awal, dari dimulainya pembukaan gerai-gerai produk UMKM Alumni yang tergabung dalam PBA di tempat lainnya,” kata pria yang akrab disapa kang Azoo di Lupba Café Gedung Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talaga Bodas, Bandung, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga:  Ditemukan Klaster Sekolah di Kota Tasikmalaya, 20 Orang Positif Covid-19

Menurutnya, tujuan utama dari PBA ini yakni membuat dan menciptakan UMKM yang mandiri secara finansial.

“Tujuannya adalah menciptakan UMKM yang mandiri secara finansial dan mampu bersaing dengan produk lain dalam skala Nasional maupun Internasional,” ujarnya.

Baca Juga:  Hasil Monitoring, BMKG Tak Temukan Sambaran Petir Saat Pertamina Balongan Terbakar

Sementara itu, Ketua Kadin Bandung, Iwa Gartiwa mengungkapkan bahwa diharapkan PBA dapat membantu dan mendorong pemulihan ekonomi kota Bandung akibat dari adanya pandemi ini.

“Meringankan tugas Kadin Bandung dalam membantu pemulihan ekonomi Kota Bandung, karena warung UMKM seperti ini merupakan salah satu potensi ekonomi yang bertahan dimasa pandemi,” ucap Iwa.

Baca Juga:  Gubernur Jabar Launching Program Layad Rawat Di Kota Cirebon

Dia menjelaskan, kedepannya Kadin akan membuat toko untuk menyokong produk-produk PBA. Sehingga, lanjut Iwa, dapat terjalin sinergi antara PBA dan Kadin Bandung untuk mengembangkan UMKM.

“Maka di Bandung juga nantinya akan ada toko oleh-oleh seperti itu, dan diharapkan PBA dapat berpartisipasi,” tutupnya.