Sungai Bahilang Meluap, 11 Warga Batang Kuis Terjebak Di Pemandian Batu Jalur

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Tim SAR Medan evakuasi 11 warga Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang yang terjebak banjir di lokasi pemandian batu jalur, di Desa Bahilang, Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (12/1/2021) dini hari.

Ketua tim SAR Medan, Toto Mulyono didampingi Humas SAR Medan, Sariman Sitorus mengatakan, 11 warga Kecamatan Batang Kuis berhasil dievakuasi tim SAR Medan dari lokasi banjir yakni, Faridah (73), Nur Laili (57), Diana (38), Menasari (30), Dek Lang (37), Heri (37), Agus (40), Albar (5), Abizar (3), Bilqis (9) dan Zahra (6).

Baca Juga:  Lepas Tiga Pemain untuk Timnas, Umuh: Tidak Masalah

“Seluruhnya berhasil dievakuasi Basarnas sekira pukul 03.00 WIB,” katanya.

Menurutnya, tim SAR Medan mendapat laporan adanya warga terjebak di sekitar pemandian batu jalur Kecamatan Kotarih. Tim Basarnas tiba di lokasi langsung melakukan evakuasi seluruh warga yang berada di sebuah batu besar di sekitar pemandian baju jalur.

Baca Juga:  Surat Suara Raib Di Cirebon, KPU Jabar: Itu Bukan Pencurian

“Warga yang terjebak derasnya arus sungai berkumpul di sebuah batu besar di sekitar pemandian batu jalur,” ungkap Toto.

Ia menjelaskan, tim SAR menggunakan 2 perahu untuk memaksimalkan evakuasi para korban secepat mungkin dan mengurangi resiko semakin besar dan nantinya personil kita akan berkoordinasi dengan stakeholder yang terlibat di lapangan

Baca Juga:  Horee! Warga Kelahiran 1 Juli di Subang Bisa Dapat SIM Gratis Saat HUT Bhayangkara

“Evakuasi warga, kita gunakan perahu LCR dan Perahu Rafting, guna mengurangi resiko saat evakuasi,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Kapolsek Kotarih Iptu D Panjaitan mengatakan, kejadian itu bermula ketika warga mandi sekitar pemandian batu jalur diguyur hujan deras membuat arus sungai meluap membuat warga terjebak tidak dapat melintasi sungai.

“Seluruh warga berhasil dievakuasi tim Basarnas yang tiba di lokasi,” ujarnya.

Penulis: Ahmad Putra