Manfaat Pakcoy Untuk Tubuh, Diantaranya Mencegah Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Pakcoy atau bok choy (Brassica rapa Kelompok Chinensis, suku sawi-sawian atau Brassicaceae) merupakan jenis sayuran yang populer. Sayuran yang dikenal pula sebagai sawi sendok ini mudah dibudidayakan dan dapat dimakan segar (biasanya dilakukan dengan air panas) atau diolah menjadi asinan. Kadang-kadang sawi ini juga disebut sawi hijau karena fungsinya mirip, meskipun sawi sendok lebih kaku teksturnya serta ukurannya cenderung lebih kecil dan meroset.

Jenis sayuran ini mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bila ditanam pada suhu sejuk tumbuhan ini akan cepat berbunga. Karena biasanya dipanen seluruh bagian tubuhnya kecuali akarnya, sifat ini kurang disukai. Pemuliaan sawi ditujukan salah satunya untuk mengurangi kepekaan akan suhu ini. Sayuran ini biasanya digunakan dalam bahan sup atau penghias makanan.

Baca Juga:  Selain Boyong Juara, Timnas U-22 Indonesia Dominasi Penghargaan Piala AFF U-22 2019

Awalnya, sayuran ini sangat populer di kawasan Tiongkok namun kemudian menyebar ke berbagai negara salah satunya Indonesia sebagai bahan untuk membuat masakan yang lezat. Saat ini masakan yang berasal dari sayuran ini tidak hanya didominasi oleh warga yang berasal dari Tiongkok namun orang Indonesia dan negara lainnya juga mulai menyukainya mengingat lezat dan bermanfaatnya sayuran ini.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat pakcoy bagi kesehatan:

1. Baik untuk kesehatan mata – Menurut sumber yang Ubul baca, sayur pakcoy atau sawi sendok ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup kaya. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin A adalah vitamin yang identik dengan mata, karena memang vitamin ini dapat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita khususnya pada bagian kornea mata.

2. Membantu proses pembekuan darah (pada luka) – Sayuran yang memiliki nama latin Brassica rapa ini juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup besar. Peran vitamin K dalam tubuh kita cukup beragam, namun yang paling dominan adalah untuk membantu proses pembekuan darah jika terjadi luka, sehingga luka akan lebih cepat tertutup untuk mencegah kita kehilangan terlalu banyak darah akibat luka.

Baca Juga:  Anggota DPR Ini Beberkan Masalah Proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, Rumit?

3. Mencegah kanker – sayuran yang memiliki daun berwarna hijau pekat ini juga dapat membantu untuk mencegah penyakit kanker meskipun dalam dosis yang kecil. Hal ini dikarenakan dalam pakcoy terdapat senyawa glukosinolat. Disamping itu, kandungan vitamin K pada sayur ini juga dipercaya mampu menangani kanker karena dapat bertindak sebagai racun bagi sel-sel kanker. Namun perlu Ubul ingatkan bahwa zat apapun jika dikonsumsi dalam dosis besar atau terlalu banyak (overdosis) akan berubah menjadi racun bagi tubuh kita.

Baca Juga:  Lansia Penerima Program Rutilahu Bersyukur Adanya TMMD

4. Baik untuk kesehatan kulit – Selain hal-hal diatas, ternyata sawi mungil ini juga dapat berfungsi baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit kita, karena di dalamnya juga terdapat vitamin E. Vitamin E dikenal sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dan juga vitamin ini sangat baik untuk membantu mencegah penuaan dini.

5. Mengurangi kolesterol – Kandungan serat yang terdapat pada sayur pokcoy dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita. Selain itu, peran lain dari serat adalah untuk membantu mengurangi kadar kolesterol. Hal itu terjadi karena di dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu yang merupakan produk akhir dari kolesterol yang kemudian dikeluarkan bersama kotoran.

Penulis: Muhammad Amaludin