Lima Pemain Bintang Brazil Yang Pernah Berseragam PERSIB

JABARNEWS | BANDUNG – Persib Bandung (Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung) adalah klub sepak bola Indonesia yang berdiri pada 14 Maret 1933, berbasis di Bandung, Jawa Barat. Persib saat ini bermain di Liga 1 Indonesia. Julukan mereka adalah Maung Bandung dan Pangeran Biru. Sponsor utama dan terbesar masih di pegang Indofood dan apparel jersey yang terbaru adalah Sportama.

Sebagai tim yang dikenal baik, Persib Bandung juga sering menjadi penyumbang pemain ke tim nasional baik junior maupun senior. Sederet nama seperti Ade Dana, Emen Suwarman, Aang Witarsa, Max Timisela, Risnandar Soendoro, Nandar Iskandar, Adeng Hudaya, Herry Kiswanto, Ajat Sudrajat, Yusuf Bachtiar, Dadang Kurnia, Robby Darwis, Budiman, Nur’alim, Yaris Riyadi hingga generasi Erik Setiawan, Eka Ramdani, Gian Zola, dan Febri Hariyadi, merupakan sebagian pemain timnas hasil binaan Persib Bandung.

Bukan hanya itu saja, dilansir dari beberapa sumber Persib juga pernah memiliki pemain asing yang berasal dari Brazil diantaranya:

Baca Juga:  Fraksi Golkar Purwakarta Tolak Pendistribusian Bansos Melalui DPRD

1. Fábio Lopes Alcântara – Fábio Lopes Alcântara yang lahir di Salvador, Bahia, Brasil, pada 24 Maret 1977 merupakan seorang pemain sepak bola asal Brasil. Ia berposisi sebagai Penyerang. Terakhir pada musim 2008-09 ia bermain untuk Persib Bandung di Indonesia setelah menandatangani kontrak satu tahun bersama Tim Maung Bandung. Sebelumnya ia bermain untuk Eastern AA. Adiknya, Fabrício Lopes Alcântara juga seorang pemain sepak bola yang sekarang bermain untuk Naval di Liga Portugal sejak tahun 2007.

2. Hilton Moreira – Hilton Mauro Moreira yang lahir di Pindamonhangaba, Taubate, Brasil, 27 Februari 1981 merupakan seorang pemain sepak bola Brasil yang sudah merumput di Liga Indonesia sejak tahun 2005. Ia berposisi sebagai gelandang serang namun ia juga bisa ditempatkan di posisi penyerang.

Awal musim 2008/2009, pelatih Deltras, Jaya Hartono pindah ke Persib Bandung dengan membawa beberapa pemain dari Deltras dan salah satunya adalah Hilton. Ia langsung disambut hangat oleh suporter Persib Bandung, bobotoh setelah ia mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan persahabatan melawan Sriwijaya FC di pra-musim kompetisi.

Baca Juga:  Coba Sabotase Pintu Tol Pasteur, Polda Jabar Amankan 8 Mahasiswa

Ia pun berhasil meraih tempat di tim utama Persib. Hilton mencetak gol pertamanya di Liga Super Indonesia ketika Persib menang 5-2 atas Persela Lamongan di pertandingan pertama musim 2008/2009. Gol itu pun merupakan gol tercepat di Liga Super Indonesia. Dukungan bobotoh pun semakin bertambah ketika ia berhasil meraih rekor sebagai pemain asing yang mencetak gol terbanyak dalam satu musim di Liga Indonesia bersama Persib, setelah mencetak gol ke gawang Persiwa Wamena. Rekor sebelumnya dipegang oleh Ekene Ikenwa dengan 13 gol.

3. Márcio Souza – Ia lahir 14 Januari 1980 merupakan pemain sepak bola asal Brasil. Sekarang, ia bermain di Perseman Manokwari, setelah sebelumnya bermain 1 Musim untuk Arema Indonesia (ISL). Musim lalu, ia bermain di kasta kedua sepak bola Indonesia bersama Semen Padang di Indonesia dan membawa klub tersebut promosi ke Liga Super Indonesia.

Baca Juga:  Nantikan, Berikut Tanggal Buka Mall Dan Tempat Rekreasi Di Jakarta

4. Rafael Alves Bastos – Ia lahir di Brasil, 17 April 1982 merupakan seorang pemain sepak bola asal Brasil. Ia lebih dikenal dengan Rafael Bastos. Ia berposisi sebagai Striker. di musim 2008/09 Rafael bermain untuk Persib Bandung setelah menandatangani kontrak yang diberikan oleh manajemen Persib Bandung.

5. Fabiano Da Rosa Beltrame – Ia lahir di Brasil, 29 Agustus 1982 merupakan seorang pemain sepak bola Brasil. Ia berposisi sebagai pemain bertahan. Ia dinilai tangguh di lini pertahanan, kuat dalam bola-bola atas, dan piawai dalam menjaga kedalaman lini belakang. Namun kini ia telah pindah kewarganegaraan menjadi warga Indonesia

Penulis: Muhammad Amaludin