Inilah Waktu Mustajab Saat Berdoa Agar Terkabul

JABARNEWS | BANDUNG – Doa merupakan sebuah ibadah, bahkan juga inti dari ibadah tersebut sebagai contoh ibadah haji. Pada hakikatnya ibadah ialah ungkapan dari lahirnya kesadaran nurani atau perasaan hajat meminta pertolongan atau bantuan Allah SWT.

Namun bukan hanya seseorang yang sedang tertimpa sebuah musibah namun juga untuk seluruh umat Islam yang masih hidup diberi rahmat dan kehidupan, dalam keadaan yang masih sehat dan tidak kurang suatu apa pun, sebagai manusia kiranya kita harus berdoa untuk meminta atau bersyukur berkat rahmat yang maha kuasa. Agar kita diberi kekuatan iman dan taqwa agar tetap bisa melakukan segala perintah-Nya.

Selain itu, jika kita menyadari bahwa situasi yang kita hadapi sehari-hari berputar seperti roda gerobak. Mungkin hari ini kita bisa beribadah dengan baik dan tulus, tapi siapa yang tahu hari berikutnya kami memiliki kemalasan suatu, Mungkin hari ini kita sangat senang, tapi siapa yang tahu besok nasib kita atau lusa menjadi sebaliknya.

Baca Juga:  DPRD Jabar Sahkan Dua Perda, Tiga BPR Langsung Dapat Suntikan Modal

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT:

1. Saat azan dikumandangkan – Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah saat mendengar azan berkumandang. Ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwatkan oleh Abu Daud yang partinya

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.” (HR. Abu Daud No. 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”).

Baca Juga:  SAS Institute: RUU Cipta Kerja Dapat Jadi Terobosan Pemulihan Ekonomi

2. Sujud dalam salat – Makna sujud sebagai waktu hamba-Nya merendahkan diri di hadapan Allah SWT, menjadi waktu yang tepat untuk berdoa. Ini disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam hadis melalui Abu Hurairah RA yang artinya.

“(Saat) yang paling dekat antara hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sedang sujud maka hendaklah kalian memperbanyak doa (ketika sujud).” (HR. Muslim No. 482).

3. Malam Lailatul Qadar – Lailatul Qadar jadi momentum berharga bagi kaum muslim pada setiap bulan Ramadan. Ibadah yang dilakukan pada malam-malam ganjil menurut surah Al-Qadr ayat 3 disebut lebih baik “dari seribu bulan.” Selain itu, Rasulullah SAW turut menjelaskan bahwa doa-doa di Lailatul Qadar mudah diijabah.

Baca Juga:  Masih Tahap Desain, 2021 Bogor Bangun Rumah Sakit Baru

4. Pada hari Jumat – Sebutan hari Jumat sebagai Sayyidul Ayyam yang artinya pemimpinnya hari, jadi alasan bahwa Jumat memiliki keutamaan ketimbang hari-hari lain. Salah satunya yakni doa akan lebih mudah dikabulkan.

5. Ketika turun hujan – Hujan adalah salah satu nikmat dan rezeki dari Allah SWT kepada segenap alam. Baginda Rasulullah SAW menganjur kan umat muslim untuk berdoa ketika hujan turun.

Penulis: Muhammad Amaludin