Menteri Agama Minta Semua Umat Beragama Ikuti Vaksinasi Covid-19

JABARNEWS | TANGERANG – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas meminta seluruh umat beragama untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Kami meminta kepada seluruh umat beragama yang sesuai dengan kriteria dan syarat yang ditentukan agar jangan ragu untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 apabila nanti gilirannya sudah tiba,” kata Yaqut kepada wartawan seusai meninjau kedatangan 15 juta vaksin Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga:  Update Info Haji, 2.833 Jemaah Menuju Tanah Suci

Dia menjelaskan, vaksinasi ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan dari terpapar Covid-19.

“Vaksin ini bukan obat, tapi sebagai upaya pencegahan secara simultan dengan mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya

Tak hanya itu, Yaqut Cholil mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 tersebut sudah dinyatakan halal dan suci oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga:  Tahun Ini, 758 Warga Purwakarta Siap Berangkat ke Tanah Suci

Dia membacakan bahwa isi poin fatwa tersebut yaitu menyatakan vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Science Co Ltd China dan PT Biofarma (Persero) hukumnya suci dan halal.

Fatwa poin kedua, Yaqut Cholil menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Science Co Ltd China dan PT Bio Farma (Persero) boleh digunakan untuk umat Islam sepanjang terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten.

Baca Juga:  Kepolisian Diminta Perluas Penyekatan Jalan Di Kota Bandung

Sedangkan yang terakhir, lanjut Yaqut Cholil, fatwa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Adapun fatwa ini juga akan diperbaiki dan disempurnakan apabila dikemudian hari terdapat kesalahan.

“Terutama untuk umat Islam saya ingin menyampaikan bahwa sudah ada fatwa halal dan suci dari MUI,” tutupnya.