Selain Menjadi Bahan Utama Rokok, Tembakau Bisa Jadi Pasta Gigi

JABARNEWS | BANDUNG – Selama berabad-abad, segudang kegunaan tembakau sudah diketahui, begitupun untuk obat medis. Sayangnya pengetahuan masyarakat yang minim tentang manfaatnya membuat reputasi tembakau di era modern ini memburuk. Padahal, daun tembakau dianggap sebagai tanaman yang ideal untuk praktek homeopati dan pengobatan alternatif.

Tembakau adalah tanaman yang identik sebagai bahan utama dari rokok. Sebagai rokok, tembakau bertanggung jawab atas begitu banyak kematian dibandingkan tanaman herbal lainnya. Di balik semua itu, ternyata ada manfaat tembakau sebagai tanaman herbal yang baik bagi kesehatan, lingkungan, dan sektor kehidupan lainnya.

Baca Juga:  Viral, Mahasiswa Dibanting Polisi Hingga Kejang-kejang Saat Unjuk Rasa

Dilansir dari beberapa sumber, Berikut Manfaat Tembakau:

1. Bahan bakar ramah lingkungan – Selain di bidang farmasi, tembakau juga diteliti di sektor lingkungan yang berfokus pada energi hijau atau energi ramah lingkungan. Banyak penelitian telah menelaah tembakau yang dapat diolah menjadi energi dan bahan bakar nabati atau biofuel.

Pada salah satu penelitian tersebut, dilakukan pengamatan terhadap varietas tembakau yang dipilih untuk dimodifikasi secara genetik agar volume minyak dalam biji tembakau meningkat. Pasalnya minyak yang dihasilkan biji tembakau dapat diolah menjadi biofuel.

Baca Juga:  Kapolda Jabar Minta Maaf Soal Pengiriman Miras ke Mahasiswa Papua

2. Sumber protein nabati – Tembakau jenis Nicotiana tabacum diakui oleh ahli agronomi dan ahli kimia sebagai sumber protein nabati yang unik. Tembakau dapat dengan mudah diproses untuk menghasilkan protein yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan ternak, pestisida, pembuatan kosmetik bahkan sebagai makanan manusia.

3. Obat sakit gigi – Tapal bisa juga ditempatkan di mulut untuk mengurangi rasa sakit pada gigi.

Baca Juga:  Asyiknya Nikmati Panorama Curug Sempong

4. Pilek – Campur tembakau dengan daun dari tanaman gurun, atau akar Indian Balsam (akar batuk), dan Leptotaenia multifida. Penduduk India percaya semua itu dapat membantu menyembuhkan asma dan TBC. Mereka biasanya merokok daun untuk membersihkan saluran hidung.

5. Pasta gigi – Ambil tembakau bubuk kemudian gosokkan pada gigi untuk membersihkan. Metode ini masih digunakan di India, dan dipasarkan di toko-toko di seluruh negeri.

Penulis: Muhammad Amaludin