Tiba di Bandung Barat, Vaksin Covid-19 Langsung Didistribusikan ke Puskesmas

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Pemkab Bandung Barat menerima distribusi 3.960 dosis vaksin Covid-19 Sinovac, di Cikalongwetan, Selasa (12/1/2021) sekitar pukul 16.00 WIB.

Vaksin Covid-19 yang didistribusikan dari Pemprov Jawa Barat itu dikirimkan ke gudang farmasi. Untuk menjaga keamanannya, vaksin Covid-19 itu langsung dimasukkan ke cool room.

“Sudah kami terima sekitar jam 4 sore, kami simpan di cool room gudang farmasi KBB,” kata Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Mulyana saat dihubungi.

Baca Juga:  156 Obat Sirop Boleh Diresepkan oleh Nakes dan Faskes, Kemenkes Pastikan Hal Ini

Rencananya, vaksin tersebut akan didistribusikan ke puskesmas dan rumah sakit pada Rabu (13/1/2021) dan Kamis (14/1/2021) sebelum pelaksanaan penyuntikan atau vaksinasi pada tenaga kesehatan.

“Rencananya besok akan didistribusikan ke seluruh fasilitas kesehatan. Ada 32 Puskesmas dan 4 rumah sakit, yaitu RSUD Cililin, RSUD Lembang, RSUD Cikalongwetan, dan RS Cahya Kawaluyan,” terangnya.

Baca Juga:  Harga Tomat dan Cabai di Bandung Anjlok 50 Persen

Menurut dia, tenaga kesehatan di Kabupaten Bandung Barat yang terdaftar sebagai penerima vaksin Covid-19 berjumlah lebih dari 4.000 orang. Namun, hanya 3.960 dosis jatah vaksin Covid-19 karena keterlambatan pengsian data.

Baca Juga:  Mengenal Tanda Kerusakan Yang Terjadi Pada Radiator Motor

Untuk melaksanakan vaksinasi, total ada 72 orang vaksinator yang disiapkan dan sudah mengikuti pelatihan. Sejauh ini, belum ada nakes yang melakukan penolakan vaksinasi.

“Jumlah vaksinator itu ada 72 orang, yang masing-masing dua orang di 36 faskes. Kami sudah melakukan sosialisasi, termasuk dengan MUI, bahwa vaksin ini aman digunakan,” katanya.

Penulis: Yoyo W