Lima Manfaat Tomat, Hingga Dapat Menjaga Jantung

JABARNEWS | BANDUNG –  Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Kendati harganya murah, tomat padat nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan. Tomat memiliki vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Di antaranya vitamin C, K1, K, B9 folat, B, dan kalium.

Selain itu, tomat memiliki senyawa antioksidan penting bagi kesehatan seperti likopen, beta karoten, naringenin, asam klorogenik, klorofil, dan karotenoid.

Baca Juga:  Kecamatan di Kota Bandung Diminta Sediakan Tempat Isolasi Mandiri

Dilansir dari beberapa sumber, tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya :

1. Mencegah kanker – Melansir Medical News Today, tomat adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas adalah salah satu pemicu kanker.

2. Menjaga kesehatan mata – Tomat dapat membantu melindungi mata dari kerusakan ringan. Tomat dapat memberikan asupan antioksidan likopen, lutein, dan beta-karoten.

Baca Juga:  Sempat Viral Video Hina Viking, Persija Minta Maaf

3. Membuat kulit lebih sehat – Kolagen adalah komponen penting untuk kulit, rambut, kuku, dan jaringan ikat. Produksi kolagen dalam tubuh sangat bergantung pada vitamin C. Vitamin C juga bagian dari antioksidan kuat. Dampak kekurangan vitamin C pada kulit bisa menyebabkan kulit keriput, kendur, sampai muncul noda hitam.

4. Menjaga kesehatan jantung – Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dapat menunjang manfaat tomat untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi asupan tinggi kalium seperti tomat, dibarengi dengan mengurangi asupan bernatrium dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mengatasi sembelit – Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat, seperti tomat dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Serat dalam tomat dapat membantu mengurangi sembelit dan melancarkan BAB.

Baca Juga:  Begini Cerita dr Mohamad Lutfi Usai Disuntikan Vaksin

Penulis: Muhammad Amaludin