Manfaat Toge Bagi Tubuh, Dipercaya Bisa Mencegah Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Tahukah Anda bahwa meski sudah lama dikenal sebagai makanan untuk menambah kesuburan pria, toge alias toge juga memiliki sejumlah manfaat lain bagi kesehatan.

Bukan hanya itu saja manfaat toge yang paling umum adalah meringankan kerja sistem pencernaan dalam tubuh, sekaligus membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan zinc yang terkandung di dalam toge. Itu sebabnya toge bisa menjadi pilihan tepat untuk yang mengalami gangguan pencernaan, ataupun yang memiliki reaksi hipersensitivitas terhadap biji-bijian.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat toge untuk kesehatan: 

1. Meningkatkan metabolisme – Seperti yang telah disebutkan, toge kaya akan enzim yang biasanya tidak tersedia melalui makanan. Masuknya enzim dapat berdampak serius bagi metabolisme tubuh. Di luar itu, kecambah juga mengandung banyak protein yang merupakan bagian penting dari makanan yang memungkinkan kita untuk melakukan seluruh fungsi kimia dalam tubuh.

Baca Juga:  Perumdam Cianjur Kewalahan Pasok Permintaan Air Bersih

2. Meningkatkan sirkulasi darah dan memulihkan anemia – Anemia adalah istilah teknis untuk kekurangan zat besi. Jika Anda kekurangan zat besi, jumlah sel darah merah menurun, karena zat besi merupakan bagian penting dari produksi sel darah merah. Hal ini dapat mengakibatkan kelelahan, kurang konsentrasi, mual, pusing dan gangguan pada perut.

Baca Juga:  Ini Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Merawat Baterai Mobil Listrik

3. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke – Toge adalah sumber asam lemak omega-3. Meskipun secara teknis hal ini merupakan bentuk kolesterol, namun mereka dianggap sebagai kolesterol baik dan dapat mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri. Asam lemak omega-3 ini juga merupakan anti-inflamasi alami, sehingga mereka dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular Anda.

4. Meningkatkan sistem imun – Ada beberapa faktor yang membuat toge menjadi booster yang kuat bagi kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dapat membuat tauge menjadi stimulan yang baik untuk sel-sel darah putih dalam tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kandungan vitamin A dalam toge dapat berkembang 10 kali seiring berkembangnya toge.

Baca Juga:  1.640 Karton Minyak Goreng Merek Minyakita Distribusikan ke 5 Pasar di Kota Bandung

5. Mencegah kanker – Aktivitas antioksidan dari senyawa organik yang ditemukan dalam toge membuat agen anti-kanker yang sangat baik untuk Anda. Vitamin C, A, serta asam amino dan protein (termasuk sejumlah besar enzim) juga berdampak pada kandungan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah produk hasil metabolisme sel yang berbahaya bagi kesehatan, yang dapat menyebabkan sel-sel bermutasi menjadi sel kanker.

Penulis: Muhammad Amaludin