Kemenhub Cabut Kapasitas Angkut Maksimal 70 Persen, Tertuang di SE Ini

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Perhubungan mencabut aturan pesawat yang hanya boleh diisi oleh 70 persen penumpang dari total kapasitas. Dengan kebijakan itu, kini maskapai diizinkan untuk meningkatkan okupansi atau keterisian penumpang mencapai 100 persen.

Kebijakan baru ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 3 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Selama pemberlakuan surat edaran ini, maksimal 70 persen kapasitas angkut sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2020 angka 4, huruf a, butir 12, tidak diberlakukan,” bunyi poin 5 SE terbaru, dikutip Rabu (13/1/2020).

Baca Juga:  Pantai Ujungori Nyaris Abrasi, Pemdes Lakukan Penghijauan

Kendati begitu, kebijakan baru Kementerian Perhubungan tetap mewajibkan penumpang untuk membawa surat keterangan hasil negatif rapid test antigen dan PCR. Namun, hal ini dikecualikan bagi penerbangan angkutan udara perintis, angkutan udara di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T), serta penumpang anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Baca Juga:  Wildansyah Dan Billy Dipinjamkan Sampai Akhir Musim

Sementara, setiap maskapai penerbangan juga wajib menyediakan tiga baris kursi (seat row). Hal ini diperuntukkan sebagai area karantina untuk penumpang yang terindikasi gejala covid-19.

Selain itu, seluruh penumpang tetap diwajibkan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Protokol tersebut, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Baca Juga:  Penertiban Berujung Aksi Koboi Pedagang Pasar Andir Tembakkan Senjata Api

Lalu, penumpang tidak diizinkan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan yang kurang dari dua jam. Namun, hal ini tak berlaku bagi penumpang yang harus mengonsumsi obat-obatan karena sakit.

Kemudian, penumpang tak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung sepanjang perjalanan. Penumpang juga wajib mengisi e-HAC untuk ditunjukkan kepada petugas kesehatan di bandara tujuan.