Pemerintah Rekrut Sejuta Guru, BKN Sebut Kemungkinan Bakal Ada CPNS

JABARNEWS | JAKARTA – Pemerintah kabarnya bakal kembali melakukan rekrutmen untuk satu juta guru dengan status pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di tahun 2021.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. Menurutnya, rekrutmen guru kembali dilakukan untuk memenuhi kebutuhan guru yang masih kekurangan terutama untuk tenaga guru di tingkat nasional.

Baca Juga:  Dampak Covid-19, Industri Pers Dipastikan Dapat Insentif Pajak

Bima menyebutkan, setelah dilakukannya PPPK ini, ada kemungkinan pemerintah masih akan melakukan rekrutmen formasi guru dengan status pegawai negeri sipil (PNS).

“Tidak tertutup kemungkinan bagi pemerintah untuk tetap membuka formasi CPNS untuk guru,” kata Bima seperti dilansir dari laman Tribun, Selasa (5/1/2020).

Baca Juga:  PLN prediksi Beban Puncak Idul Fitri 1439 H Naik 3,5 Persen

Pemenuhan formasi guru ini kata Bima, tentu menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam mengupayakan keberlangsungan proses pendidikan di Indonesia.

“Kedepan pemerintah tetap akan membuka sesuai dengan kebutuhan dari posisi manajerial yang kosong di sekolah,” ucapnya.

Tak hanya itu, Bima memaparkan, kebutuhan mendesak pengangkatan PPPK dalam jabatan guru ini disebabkan terjadinya kekosongan guru di banyak daerah. Maka, diharapkan bisa menutupi kekosongan-kekosongan yang terjadi.

Baca Juga:  BPBD: Status Darurat Bencana di Sumedang Sudah Ditetapkan

“Juga untuk menyelesaikan masalah-masalah yang yang selama ini selalu diangkat oleh pimpinan daerah kepada kami di pusat,” tukasnya. (Red)