Ratusan Warga Sergai Butuh Perhatian, Rumahnya Terendam Banjir

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Banjir rendam ratusan rumah di Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Ketinggian air mencapai hampir 1 meter.

Pantauan Jabarnews.com, banjir paling parah terjadi di Desa Sei Rampah dengan ketinggian air hampir 1 meter, sedikitnya 250 rumah warga terendam banjir, Sedangkan di Desa Firdaus, lebih 50 rumah warga terendam banjir. Bahkan arus lalu lintas sempat terganggu akibat banjir menggenangi Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Desa Firdaus.

Baca Juga:  Video: Pembutan Guran Aren di Desa Parungbanteng Purwakarta

Camat Sei Rampah, Nasaruddin mengatakan, banjir terjadi di Kecamatan Sei Rampah disebabkan curah hujan cukup tinggi terjadi sejak, Rabu (13/1/2021) sore sampai malam hari dan meluapnya air sungai Bedagai.

“Banjir disebabkan curah hujan cukup tinggi dan meluapnya sungai Bedagai,” katanya, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga:  Komplotan Begal Bersenjata di Bekasi Dibekuk Polisi, Dua Pelaku Lagi Masih DPO

Ia menjelaskan, untuk saat ini sudah koordinasi dengan BPBD untuk meminjamkan perahu karet agar dapat digunakan sebagai alat transportasi bagi warga terdampak banjir, terutama di Dusun 1 Gang Kancil, Desa Sei Rampah.

“Untuk mendirikan tenda dan dapur umum belum ada rencana, hanya perahu karet dibutuhkan warga sebagai alat transportasi,” ungkap Nasaruddin.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Dadung Sebut Ada Fluktuasi Harga Bahan Pokok

Menurutnya, dinas kesehatan agar menyiagakan tenaga kesehatan dari puskesmas untuk memantau ke lokasi banjir, melihat kondisi air terus bertahan dapat menimbulkan penyakit bagi warga, khususnya anak-anak yang bermain banjir.

“Dinas kesehatan kita minta siagakan tenaga kesehatan di lokasi banjir mengantisipasi munculnya penyakit disebabkan banjir,” tandasnya.

Penulis: Ahmad Putra