Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

JABARNEWS | BANDUNG – Kantung mata dan lingkaran hitam di area mata, atau dikenal juga dengan istilah mata panda, dapat muncul seiring bertambahnya usia. Hal ini terjadi karena penuaan dapat menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata, sehingga kelopak mata terlihat lebih kendur.

Harus diakui mata merupakan bagian tubuh yang menunjang penampilan. Ketika mata bersinar, cantik dan bebas kantung mata, kamu akan terlihat semakin mengagumkan. namun sayangnya, pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan tidur malam atau begadang dan menatap layar hp dalam waktu lama, bisa meningkatkan risiko munculnya kantung mata hitam.

Dilansir beberapa sumber, berikut cara menghilangkan kantung mata hitam:

1. Mentimun – Langkah pertama dan paling mudah cara menghilangkan kantung mata secara alami adalah dengan menggunakan mentimun. Kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon pada mentimun sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat lebih segar. Caranya yaitu taruh irisan mentimun pada area mata lebih kurang selama 30 menit.

Baca Juga:  BMKG Miliki Tiga Inovasi Peringatan Dini Bencana

2. Perbaiki pola tidur – Kantung mata dan mata panda dapat muncul jika Anda kurang tidur atau kelelahan. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mencukupi waktu tidur selama 7–9 jam setiap malamnya.

3. Hindari minuman beralkohol dan berkafein – Minuman beralkohol dan berkafein diketahui dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantung mata serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas.

Baca Juga:  Melihat Peluang Saat Perang Dagang Untuk Perekonomian Nasional

4. Minyak Zaitun – Minyak zaitun bukan hanya bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Ini berkat antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun membantu mencerahkan kulit di bawah mata yang gelap. Selain itu, Minyak zaitun juga mampu menghidrasi dan melembabkan kulit.

5. Kentang – Kentang mempunyai kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit dengan cara kupas dan cuci bersih kentang hingga tidak ada getah kentang. Blender kentang sampai halus. Masukkan kentang yang sudah halus ke dalam kantong yang bersih dan lembut. Kompreskan kain tersebut pada kedua mata selama 15 menit.

Baca Juga:  Setya Novanto Dibui Di Lapas Sukamiskin, Tetap Bisa Pelesiran

6. Es Batu – Es batu sejak dulu dikenal dapat mengatasi berbagai permasalahan kecantikan, termasuk untuk cara menghilangkan kantung mata. Pasalnya, es batu dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada plantar fascia (jaringan).

Penggunaan es batu sangat mudah dan digadang-gadang sangat ampuh untuk menghilangkan kantung mata hitam. Cara menghilangkan kantung mata dengan es batu adalah, bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih. Gunakan untuk mengompres area mata sekitar 10 menit dengan jeda waktu beberapa kali.

Penulis: Muhammad Amaludin