Berikut Berbagai Jenis Makanan Yang Dipercaya Mampu Membantu Pembentukan Otot

JABARNEWS | BANDUNG – Otot merupakan salah satu hal yang diperhatikan oleh laki-laki pada umumnya. Mereka ingin terlihat gagah sehingga melakukan banyak olahraga yang dapat membentuk otot. Namun, tidak ketinggalan yang juga sangat penting diperhatikan dalam mendukung pembentukan otot adalah asupan zat gizi sebagai makanan sel pada otot.

Sel otot membutuhkan zat gizi sebagai energi untuk melakukan aktivitas. Tidak hanya protein yang sangat dibutuhkan otot, karbohidrat dan lemak juga dibutuhkan untuk mendukung pembentukan otot. Tiga zat gizi makro ini sangat diperlukan otot untuk pertumbuhannya.

Baca Juga:  Inilah Beberapa Destiniasi Menarik Yang Ada Di Garut

Dilansir dari beberapa sumber, Inilah makan yang dipercaya mampu membantu dalam pembentukan otot:

1. Buah-buahan dan Sayuran – Sebagai fondasi dari seluruh menu sehat, termasuk 4 sehat 5 sempurna, buah dan sayur sudah wajib masuk ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Makanan pembentuk otot yang bervariasi ini merupakan sumber serat, vitamin, mineral dan cairan yang baik bagi tubuh. Sayur-sayuran juga mengandung sejumlah kecil protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot.

Baca Juga:  Oknum Aparat Desa Cikopo Purwakarta Jadi Calo Buruh PT Abimanyu?

2. Paha Ayam – Kebanyakan orang lebih memilih bagian dada karena lebih sedikit lemak. Namun paha ayam sebenarnya bisa menjadi makanan pembentuk otot yang baik. Apa alasannya?

Paha ayam mengandung 25% lebih banyak zat besi dan 3 kali lebih banyak zinc daripada bagian dada. Zat-zat tersebut penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Daging sapi – Daging sapi merupakan makanan terbaik untuk pembentukan otot. Daging mengandung asam amino esensial, vitamin B, dan kreatin yang dapat meningkatkan massa otot. Namun, pilihlah daging sapi yang tidak banyak mengandung lemak.

Baca Juga:  Oded Bilang Sulit Ubah Budaya Masyarakat Agar Tak Buang Sampah Sembarangan

4. Kacang-kacangan – Kacang mengandung protein, lemak, dan juga serat. Kacang dapat menjadi makanan ringan yang baik bagi Anda yang ingin meningkatkan asupan kalori.

5. Yogurt – Mengandung protein dan juga probiotik, probiotik dipercaya mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Probiotik ini membantu sistem pencernaan untuk memecah dan menyerap zat gizi dari makanan yang Anda makan.

Penulis: Muhammad Amaludin