Inilah Perjalanan Bitcoin, Hingga Saat Ini Senilai RP 541 Juta Lebih

JABARNEWS | BANDUNG – Bitcoin adalah cryptocurrency, aset digital yang dirancang untuk berfungsi sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi untuk mengontrol pembuatan dan pengelolaannya, daripada mengandalkan otoritas pusat.

Bitcoin ditemukan dan diterapkan oleh Satoshi Nakamoto yang dianggap samaran, yang mengintegrasikan banyak ide yang ada di komunitas cypherpunk. Sepanjang sejarah bitcoin, bitcoin telah mengalami pertumbuhan pesat menjadi mata uang yang signifikan baik online maupun offline. Sejak pertengahan 2010-an, beberapa bisnis mulai menerima bitcoin selain mata uang tradisional.

Pada 18 Agustus 2008, nama domain bitcoin.org telah didaftarkan. Belakangan tahun itu, pada 31 Oktober, tautan ke makalah yang ditulis oleh Satoshi Nakamoto berjudul Bitcoin Sistem Uang Elektronik Peer-to-Peer telah diposting ke milis kriptografi.

Baca Juga:  Uji Kesiapan UNBK, SMAN 1 Purwakarta gelar Simulasi

Makalah tersebut merinci metode penggunaan jaringan peer-to-peer untuk menghasilkan apa yang digambarkan sebagai “sistem untuk transaksi elektronik tanpa mengandalkan kepercayaan”. Pada tanggal 3 Januari 2009, jaringan bitcoin muncul dengan Satoshi Nakamoto menambang blok genesis bitcoin (blok nomor 0), yang memiliki hadiah 50 bitcoin.

Pada Februari 2013, prosesor pembayaran berbasis bitcoin Coinbase melaporkan menjual bitcoin senilai US $ 1 juta dalam satu bulan dengan harga lebih dari $ 22 per bitcoin. The Internet Archive mengumumkan bahwa mereka siap untuk menerima sumbangan sebagai Bitcoins dan bahwa mereka berniat untuk memberikan karyawan pilihan untuk menerima bagian dari gaji mereka dalam mata uang bitcoin.

Baca Juga:  Kalau Mau Minta ’Jatah’, Mbok Ya Ajuin ke Bupati Sumedang

Pada bulan Maret, log transaksi bitcoin, yang disebut blockchain, untuk sementara waktu dibagi menjadi dua rantai independen dengan aturan berbeda tentang bagaimana transaksi diterima. Selama enam jam, dua jaringan bitcoin beroperasi pada saat yang sama, masing-masing dengan versi riwayat transaksinya sendiri.

Baca Juga:  Deklarasi Petani Ngahiji Menangkan Jokowi di Purwakarta

Pengembang inti menyerukan penghentian sementara transaksi, memicu aksi jual tajam. Operasi normal dipulihkan ketika sebagian besar jaringan diturunkan ke versi 0.7 dari perangkat lunak bitcoin. The Mt. Pertukaran Gox sempat menghentikan setoran bitcoin dan nilai tukar sempat turun 23% menjadi $ 37 saat peristiwa itu terjadi sebelum pulih ke level sebelumnya sekitar $ 48 pada jam-jam berikutnya. Hingga sekrang dilansir dari luno.com bahwa, satu bitcoin senilai RP 541 juta.

Penulis: Muhammad Amaludin