Pernah Rasakan Covid-19, Anies Baswedan Serukan Donor Plasma Darah

JABARNEWS | JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak para penyintas Covid-19, khususnya warga DKI Jakarta untuk mendonorkan plasma darahnya.  

Mengingat, plasma darah konvasalen sangat dibutuhkan oleh pasien positif yang memiliki gejala berat atau kritis. Anies pun mendonorkan plasma darahnya di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta

“Saya mengajak para penyintas Covid-19 untuk bersedia mendonorkan plasma darahnya demi membantu teman-teman kita yang masih berjuang di rumah sakit dan memiliki gejala yang berat dan kritis,” kata Anies, dalam keterangan yang diterima, Rabu (13/1/2021).

“Terapi plasma darah konvasalen ini merupakan terapi yang efektif untuk mempercepat kesembuhan pasien positif Covid-19,” sambung Anies Baswedan.

Baca Juga:  BEM UI Putuskan Adu Gagasan Tiga Capres Ditunda, Sebut Hanya Anies Bersedia Hadir

Dia mengaku, alasannya ikut mendonorkan plasma darah karena pernah merasakan terinveksi Covid-19. Menurutnya, terinveksi Covid-19 tidak enak, ditambah lagi tidak bisa ditemani oleh orang-orang tercinta karena harus diisolasi.  

“Saya pernah merasakan Covid-19, dan itu tidak enak. Beruntung saya bisa sembuh walaupun dalam kurun waktu yang lama. Saya ingin warga DKI juga bisa sembuh seperti saya. Itulah alasan kenapa saya mendonorkan plasma darah saya,” terangnya.

Anies menambahkan bahwa donor plasma darah tidak sakit dan seperti donor darah biasa. Hanya saja, prosesnya memerlukan waktu agak lama. Donor plasma darah membutuhkan waktu sampai 30 menit lebih.

Baca Juga:  Longsor di Cisero Cianjur: Pohon Tumbang, Tiang Listrik Tutupi Jalan

“Memang lebih lama kalau donor biasa 15 menit selesai, kalau ini 30 menit,” ungkapnya.

Anies berpesan kepada para pasien positif Covid-19 untuk tetap semangat dalam menjalani perawatan. Menurutnya, banyak orang di luar sana yang mendukung dan peduli proses kesembuhan pasien positif Covid-19 dengan membantu melalui donor plasma darah.

“Mari kita bantu saudara-saudara kita merasakan seperti yang kita rasakan hari ini. Setengah jam anda datang ke PMI, seumur hidup mereka terselamatkan,” tandasnya.

Baca Juga:  Pasutri di Lokasi TMMD Berdialog dengan Prajurit TNI

Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien yang terdiagnosa Covid-19 dan sudah 14 hari dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19 yang ditandai dengan pemeriksaan Swab menggunakan RT-PCR sebanyak 1 kali dengan hasil negative.

Plasma konvalesen diberikan kepada pasien Covid-19 dengan gejala berat dan mengancam jiwa. Hasil akan baik jika diberikan kurang dari 14 hari dari onset (saat timbulnya gejala).

Diharapkan, antibodi dari pasien yang sudah sembuh bekerja sebagai imunisasi pasif bagi pasien tersebut. Kriteria donor adalah penyintas Covid-19, tidak pernah ditransfusi, dan lebih diutamakan adalah laki-laki.

Penulis : Yoyo W