Soal Raffi Ahmad, Prof. Wiku: Kita Harus Terbuka dengan Segala Kemungkinan

JABARNEWS | JAKARTA – Artis Raffi Ahmad mendatangi sebuah pesta usai menjalani vaksinasi Covid-19 harus menjadi pelajaran penting bagi semua pihak.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, kejadian tersebut tak boleh diulangi oleh siapa pun.

“Kita harus terbuka dengan segala kemungkinan yang terjadi ketika kita memiliki program besar seperti vaksinasi,” kata Prof. Wiku dalam jumpa pers ‘Vaksin! Siapa Takut’, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga:  Mengaku Diperas Auditor BPK, Saksi KPK: Saya Sampaikan Ada Permintaan

“Kami berharap dengan influencer besar seperti Raffi Ahmad, dia dapat memainkan peran penting untuk memastikan bahwa kaum muda akan mendukung vaksinasi,” sambungnya.

Prof. Wiku menyadari bahwa sesuatu bisa saja terjadi di tengah program vaksinasi, seperti apa yang menimpa Raffi Ahmad saat kedapatan datang ke sebuah acara tanpa mengikuti protokol kesehatan.

“Ke depannya bila kita akan mengajak banyak orang untuk vaksin, termasuk influencer, kita harus bekerja sama menjalankan strategi komunikasi yang baik, yang bisa dimengerti mereka dan diikuti oleh pengikutnya. Ini kebijakan penting dari pemerintah untuk masyarakat,” katanya.

Baca Juga:  Sempat Buron, Seorang Terduga Teroris Diamankan Densus 88 Di Sukabumi

Raffi Ahmad akhirnya memberikan klarifikasi atas foto-foto dirinya yang menghadiri sebuah acara, yang kemudian viral di media sosial karena melanggar aturan protokol kesehatan.

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Raffi Ahmad meminta maaf kepada masyarakat Indonesia dan Presiden Joko Widodo atas kegaduhan yang terjadi.

Raffi Ahmad mengatakan bahwa acara yang dihadirinya itu diadakan di kediaman ayah salah satu temannya. Dia juga menjelaskan bahwa sebelumnya sudah menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Corona Menggila, Petugas DPKPB Kabupaten Purwakarta Kewalahan

“Di situ kondisinya juga memang sebelum masuk ke rumahnya mengikuti protokoler. Tapi pas di dalam kebetulan saya lagi makan tidak pakai masker, ada yang foto, tapi apa pun itu saya juga minta maaf karena kejadian ini jadi heboh,” ujar Raffi Ahmad.

Penulis: Yoyo W