Dipercaya Bisa Menjaga Kesehatan Ginjal, Berikut Manfaat Mentimun

JABARNEWS | BANDUNG – Mentimun atau timun adalah buah yang umumnya tersedia sebagai pelengkap di dalam lalapan, acar atau salad. Meski dianggap sebagai pelengkap, buah yang memiliki nama latin Cucumis sativus ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh.

Mentimun mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Bahkan, biji mentimun sendiri mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan. Selain itu, biji mentimun juga diyakini mampu meredakan radang tenggorokan.

Baca Juga:  KONI Kota Cimahi Terjunkan 340 Atlet

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat timun bagi kesehatan: 

1. Menjaga kesehatan ginjal – Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga manfaat timun mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh. Cara mendapatkan manfaat mentimun ini mudah, yakni dengan mengkonsumsi air perasan buah mentimun segar.

Baca Juga:  Satgas Sebut Ada 155 Laporan Kasus Kekerasan Seksual di UPI

2. Melindungi tulang – Mentimun merupakan sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir mentimun mengandung 22 persen dari asupan harian yang disarankan untuk vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium di tulang.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker – Memiliki kandungan lignan dan cucurbitacin, manfaat mentimun yang berguna bagi kesehatan adalah kemampuannya melindungi tubuh dari kanker.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Minyak Cengkeh Yang Jarang Orang Ketahui

4. Dapat Menurunkan Gula Darah – Beberapa penelitian pada hewan percobaan menemukan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes. Salah satu penelitian pada hewan meneliti efek berbagai tanaman terhadap gula darah.

5. Merawat kulit – Jika Anda memiliki kulit berjerawat, sepertinya Anda bisa menggunakan masker mentimun. Manfaat mentimun bisa berguna bagi kulit karena mengandung vitamin B5 yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Penulis: Muhammad Amaludin