Lima Manfaat Bawang Putih Dipercaya Meningkatkan Kesehatan Tulang

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat bawang putih terkenal bukan hanya untuk menambah rasa masakan, tapi juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat bawang putih sendiri telah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Memang, bawang putih mengandung banyak gizi penting yang dapat bantu mencegah berbagai penyakit. Meski demikian, bukan berarti Anda boleh mengkonsumsi herbal yang satu ini secara berlebihan.

Baca Juga:  Menteri PAN-RB: Honorer K2 Diberi 3 Kali Kesempatan

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan:

1. Mencegah dan mengobati flu – Kandungan antioksidan di dalam bawang putih dapat dimanfaatkan untuk kekebalan tubuh, saat flu mendera, bawang putih pun bisa digunakan sebagai obat.

2. menurunkan tekanan darah dan kolesterol – Ekstrak bawang putih diduga mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Beberapa temuan penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

Baca Juga:  Pengelolaan Unit Kerja Jabar Saber Hoaks Lakukan Verifikasi Informasi Hoaks di Media Sosial

Bawang putih juga diduga mampu sedikit menurunkan kolesterol dalam tubuh, tetapi bukan berarti bawang putih dapat menjadi obat hipertensi maupun kolesterol yang efektif karena masih memerlukan penelitian yang lebih luas.

3. Memberikan Efek Detoksifikasi – Manfaat bawang putih untuk memberikan efek detoksifikasi diperoleh dari kandungan sulfur di dalam bawang putih. Jika dalam dosis tinggi, kandungan ini menunjukkan efek proteksi atau perlindungan pada organ tubuh dari racun metal yang kemungkinan ada di dalam tubuh.

Baca Juga:  Sebut Tol Cipali Paling Sulit Diatur, Menhub Ingatkan Pemudik Soal Ini

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang – Sebuah penelitian menggunakan ekstrak bawang putih yang dikeringkan pada wanita menopause. Hasilnya ditemukan adanya penurunan defisiensi estrogen yang menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis.

5. Mencegah Kerusakan Hati – Kerusakan hati paling sering disebabkan oleh kebiasan buruk, seperti konsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang. Namun, hal ini dapat dicegah dengan memperoleh khasiat bawang putih.

Penulis: Muhammad Amaludin