Bantah Warga Alami Kelumpuhan Massal, Ini Kata Kepala Puskesmas Darangdan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kepala Puskesmas Darangdan Purwakarta, Marno membantah kabar yang menyebutkan puluhan warganya mengalami kelumpuhan massal.

“Kabar tersebut berhembus terlalu dibesar-besarkan,” ucap Marno, pada Jumat (15/1/2020).

Marno mengatakan tidak benar ada puluhan warga alami kelumpuhan, yang benar adalah sejumlah warga di Darangdan hanya mengalami gelaja nyeri sendi yang disertai dengan gejala panas dingin alias meriang. Dari penanganan yang dilakukan, sejumlah warga tersebut sudah sembuh.

Baca Juga:  Bagaimana Konsep Pendidikan Karakter Generasi Z dan Milenial? Ini Kata Para Pakar

Ia juga menjelaskan Puskesmas Darangdan dan pihak desa sudah mengetahui dan mengambil tindakan cepat atas fenomena tersebut sejak Desember 2020 lalu.

Berdasarkan hal pengecekan di lapangan dan di laboratorium sejumlah warga yang nyeri sendi dan meriang tersebut disebabkan oleh gigitan nyamuk penyebab Cikungunya. Cikungunya sendiri adalah infeksi virus yang ditandai dengan serangan demam dan nyeri sendi secara mendadak.

Baca Juga:  Soal Kompetensi Guru Agama, Ini Kata Wakil Wali Kota

“Jadi bukan kelumpuhan, tapi nyeri sendi dan sudah ditangani dengan cepat. Sejumlah pasien bahkan sudah sembuh,” ujar Marno.

Untuk menghentikan serangan nyamuk penyebab cikungunya, Marno mengungkapkan Puskesmas Darangdan dibantu pihak desa sudah melakukan Fogging.

Baca Juga:  Dukungan Hasanah Mengalir di Majalengka

Fogging dilakukan di sejumlah titik yang dilaporkan terdapat kasus Cikungunya dan di wilayah lainnya yang potensial. Fogging merupakan tindakan pengasapan dengan bahan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk.

Penulis: Gigin Ginanjar