Kawasan Wisata Lembang Kembali Padat pada Libur Tahun Baru

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Seperti halnya setiap libur panjang, pada libur tahun baru terjadi kepadatan lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (1/1/2021).

Wisatawan dari dalam maupun luar daerah ramai mengunjungi berbagai obyek wisata di Lembang. Titik kemacetan berada di depan pintu gerbang Farmhouse dan The Great Asia Africa.

KBO Lantas Polres Cimahi Iptu Erin Heriduansyah mengatakan, kendaraan di jalur wisata Lembang cukup seimbang antara kendaraan lokal maupun kendaraan luar daerah. Pada libur Tahun Baru, kendaraan di Lembang diperkirakan 20 persen lebih banyak.

Baca Juga:  Di Tengah Pandemi, Pasanggiri Pupuh 2020 Sukses Digelar Virtual

“Kendaraan yang mengarah ke Lembang pada 1 Januari 2021 ini terpantau cukup ada peningkatan, sekitar 20 persen dibandingkan hari kemarin,” kata Erin di Lembang.

“Hari ini lebih padat karena surat imbauan pemerintah hanya berlaku hari kemarin. Wisatawan saat ini mulai kembali padati Lembang,” sambung dia.

Baca Juga:  Ketahuan Curi HP, Seorang Pria di Tasikmalaya Diamuk Massa

Menurut dia, puncak kepadatan kendaraan diprediksi bakal terjadi pada Sabtu dan Minggu besok. Sejumlah petugas juga sudah disiapkan di simpul-simpul kemacetan sampai 4 Januari mendatang.

“Puncak wisatawan diprediksi Sabtu dan Minggu. Itu akan kami antisipasi karena biasanya kepadatan terjadi di wilayah Lembang sampai utara. Apalagi sekarang masih masuk dalam libur tahun baru,” ucapnya.

Erin menyampaikan, polisi sudah menyiapkan langkah antisipasi saat puncak arus lalu lintas. Jika terjadi kemacetan panjang, rekayasa lalu lintas akan dilakukan.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Stop Covid-19, Ingat 3M Ya

“Ada beberapa CB (cara bertindak) yang akan dilakukan jika puncak arus kendaraan terjadi. Jika arah ke Bandung penuh, kami akan arahkan ke Jalan Kolonel Masturi. Begitu juga jika arah ke Lembang penuh kita arahkan ke Jalan Sersan Bajuri,” katanya.

Penulis: Yoyo W