Aplikasi WhatsApp Bisa Bikin Kuota Internet Cepat Habis, Ini Tipsnya

JABARNEWS | BANDUNG – Tanpa disadari, penggunaan aplikasi WhatsApp dapat menguras kuota internet. Hal itu bisa terjadi jika banyak memakai WhatsApp untuk mengirimkan dan membuka foto dan video.

Aplikasi WhatsApp menang tak hanya dimanfaatkan untuk berktukar pesan teks, tetapi juga media seperti foto, suara, dan video. Pesan teks tidak terlalu memakan kuota yang besar, sehingga aman menuliskan pesan sepanjang apapun.

Namun, kuota internet bisa menjadi sangat boros karena penggunaan WhatsApp untuk bertukar video dan foto. Saat mengirim atau menerima video dan foto, sebaiknya menggunakan jaringan WiFi dan bukan data internet.

Baca Juga:  Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kalau menggunakan jaringan internet biasa, kuota internet akan menjadi boros. Kuota internet bisa cepat habis jika pengaturan di WhatsApp diotomatiskan, sehingga langsung terunggah.

Supaya penggunaan WhatsApp bisa hemat kuota, caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal mengubah pengaturan penggunaan data saat berkirim dan menerima media di WhatsApp.

Baca Juga:  Bupati Cirebon Ajak Perempuan Berperan Aktif dalam Pembangunan Daerah

Untuk mengatur hal ini, Anda perlu masuk ke Settings di WhatsApp. Selanjutnya, masuk ke pilihan data and storage usage untuk mengatur kapasitas data yang akan digunakan buat menerima atau mengirim media di WhatsApp.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengatur pengiriman foto, audio, video, dan dokumen. Ada beberapa pilihan dalam pengaturan pengiriman media.

Baca Juga:  Loeke Targetkan Pencegahan Korupsi di Jawa Barat

Jika tidak mendesak, Anda bisa memilih pilihan ‘Never’ untuk tidak mengunduh otomatis media yang masuk. Sedangkan pilihan ‘WiFi’ untuk mengatur media masuk hanya dapat diunduh melalui jaringan WiFi.

Namun, jika Anda cukup punya banyak kuota internet, pilihan ‘WiFi and Cellular’ bisa Anda pilih untuk mengunduh media dalam kondisi tersambung WiFi atau menggunakan paket data biasa.

Penulis: Yoyo W