Kenapa Anies Baswedan Tak Undang Influencer saat Vaksinasi Covid-19?

JABARNEWS | JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya tak mengundang influencer dalam peluncuran program vaksinasi Covid-19 di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (15/1/2021).

“Dalam survei ada tiga unsur yang paling utama didengar soal Covid-19. Representasi unsur itulah yang kami undang pada hari ini,” ujar Anies di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Anies menjelaskan pada sebuah survei dengan responden 180 ribu orang, ada tiga kelompok yang paling dipercaya masyarakat terkait informasi Covid-19, yakni dokter dan pakar kesehatan, pejabat publik serta tokoh masyarakat.

Baca Juga:  Satuan Intelijen Berjaga-jaga Di Seputar Bendung Rentang Jatitujuh

Oleh karena itu, kata Anies, pihaknya saat meluncurkan vaksinasi Covid-19 di akun YouTube Pemprov DKI Jakarta, sejumlah tokoh dan pejabat yang diundang.

Antara lain Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ferry Rahman, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Syamsul Ma’arif, Wakil Kejaksaan Tinggi DKI Supardi, Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Herwin Budi Saputra, serta Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus.

Baca Juga:  Forum Komunikasi Ulama Dan Santri Purwakarta Dukung Jokowi Dua Periode

Sebelum menjalani vaksinasi Covid-19, para pejabat hingga tokoh masyarakat itu harus menjalani pemeriksaan kesehatan. Jika saat proses penapisan atau penyaringan memenuhi kriteria sebagai penerima vaksin, maka petugas akan melakukan vaksinasi terhadap mereka.

Gubernur Anies Baswedan dan wakilnya, Ahmad Riza Patria tak ikut divaksin. Alasannya, mereka berdua merupakan penyintas Covid-19 atau pernah terinfeksi virus corona.

Baca Juga:  Ini Janji Manis Untuk Warga Ciamis

Di Jakarta, sejumlah tenaga kesehatan juga telah menerima vaksin Covid-19. Target penerima vaksin di Jakarta, adalah sebanyak 7.610.198 jiwa.

Pada tahap pertama, vaksinasi diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanggulangan Covid-19 sebanyak 131.000 orang, dengan target penyelesaian selama dua bulan.

Vaksin Sinovac ini diberikan sebanyak dua kali dosis untuk setiap orang, dengan jarak waktu 14 hari sejak penyuntikan pertama.

Sumber: Antara