Berikut Lima Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Tidak sedikit orang yang menggunakan daun sirsak sebagai obat herbal tradisional. Itu karena kandungan nutrisinya, daun sirsak diyakini dapat mengatasi gangguan kesehatan dan membantu melindungi Anda dari risiko penyakit.

Selain itu, senyawa acetogenin pada daun sirsak terbukti bisa bertindak sebagai antiparasit, antivirus, antiinflamasi, dan antimikroba.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat daun sirsak bagi kesehata:

1. Mengobati Kolesterol – Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah bisa mengobati kolesterol. Kolesterol seringkali banyak menyebabkan komplikasi penyakit. Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, daun sirsak bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

Baca Juga:  Persiapan Mepet, Persib Khawatir Pemain Tumbang Cedera di Piala Menpora 2021

Caranya adalah pilih 10 lembar daun sirsak yang berukuran sedikit tua, dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air mineral. Rebus air hingga tersisa setengahnya saja. Anda bisa meminumnya dalam keaadaan hangat maupun dingin.

2. Asam urat – Mengutip dari jurnal Efek Pemberian Infusa Daun Sirsak terhadap penurunan Kadar Asam Urat Darah, daun sirsak mengandung fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B.

Baca Juga:  Warga Garut Sambut Antusias Peraih Emas Asian Games

Tidak hanya itu daun sirsak mengandung flavonoid (antioksidan tinggi) yang mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase.

3. Diabetes – Daun sirsak mengandung saponin dan polifenol yang berperan untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

4. Anti kanker – Dalam International Journal of Applied Science and Technology tahun 2012, ekstrak daun sirsak terbukti memiliki efek sitotoksik (racun) terhadap sel kanker. Daun sirsak terbukti mampu mengahmbat perkembangan sel kanker.

Baca Juga:  Pantau Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jokowi Harapkan Ini

5. Menyembuhkan infeksi – Daun sirsak efektif menyembuhkan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan parasit. Selain itu daun sirsak juga bisa meredakan nyeri sendi. Anda cukup gosokkan ramuan daun sirsak di tempat yang terasa nyeri.

Penulis: Muhammad Amaludin