Banyak Desakan, WHO Selidiki Awal Mula Covid-19 Yang Meresahkan Dunia

Amerika Serikat menuding bahwa China telah menyembunyikan fakta penyebaran wabah Covid-19 pada awal kemunculan setahun lalu

Ilustrasi (Foto: net)

JABARNEWS | JAKARTA - Tim ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang akan meneliti asal-usul Covid telah memulai penyelidikan di Kota Wuhan, China. Meski sudah berada di pusat kota yang disebut sebagai tempat virus corona baru muncul pertama kali, penyelidikan awal masih dilakukan secara virtual bersama tuan rumah dari sebuah hotel di Wuhan, Jumat (15/1/2021).

Akan tetapi, kedatangan tim WHO di ibu kota Provinsi Hubei itu pada Kamis (14/1/2021) kemarin sempat mengalami kendala. Pasalnya, dua anggota tim terpaksa absen karena dinyatakan gagal dalam tes antibodi virus corona saat transit di Singapura.

Baca Juga:

Yang Ikut KLB Partai Demokrat Kemarin Dapat Mahar Rp10 Hingga Rp20 Juta, Benarkah?

Nah Loh, Warga Bandung Barat Ancam Blokade Jalan Raya Ini Alasannya



“Tim sekarang menjalani karantina wajib selama 14 hari, dan diperlakukan dengan sangat baik oleh tuan rumah. Pekerjaan dimulai hari ini, hari pertama, secara telekonferensi bersama tim China,” ujar salah satu anggota tim, Peter Daszak, yang juga ahli zoologi, dikutip Reuters, Jumat (15/1/2021).

Petugas keamanan di hotel di Wuhan melakukan penjagaan. Jalanan hingga area parkir hotel tempat tim menginap ditutup dengan berbagai pengaman. Tim WHO tiba di Wuhan saat China tengah disibukkan oleh kebangkitan gelombang infeksi Covid-19 susulan.

Penyelidikan asal-usul virus corona baru tak lepas dari desakan berbagai pihak. Sebelumnya, Amerika Serikat menuding bahwa China telah menyembunyikan fakta penyebaran wabah Covid-19 pada awal kemunculan setahun lalu. AS menyerukan penyelidikan secara transparan kepada tim WHO.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : WHO Awal Mula Covid-19 Kasus Covid-19 Wuhan China Jabarnews Berita Jawa Barat

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi