Wisata Baru di Purwakarta, Kampung Madang Sajikan Keindahan Yang Eksotis

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kampung Madang, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari bakal menjadi destinasi baru di Kabupaten Purwakarta yang eksotis dan indah.

Pasalnya, di tempat tersebut memiliki keindahan alam khas Kecamatan Sukasari dengan pemandangan danau Jatiluhur yang pas dijadikan salah satu tujuan untuk berlibur bersama keluarga sambil menikmati kuliner di wilayah itu.

Pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Kertamanah, Sundana, SE, mengatakan memang masih jarang wisatawan yang mengenal objek wisata dengan pemandangan indah terebut.

“Kampung Madang ini bakal jadi destinasi wisata andalan di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari. Saat ini pihak desa dan karangtaruna sedang melakukan pembenahan, baik akses jalan serta kerja sama dengan warga sekitar,” ucap pria yang akrab disapa Kisun itu, pada Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga:  Jelang Lebaran, Yayasan dan Universitas Widyatama Bagikan Ratusan Paket Sembako

Menurut dia, pembenahan infrastruktur jalan akan dilakukan bersamaan dengan pembangunan fasilitas umum seperti Mushala dan toilet umum.

“Di kampung Madang ini menyuguhkan pemandangan yang asri dengan hantaran pegunungan yang indah dan danau Jatiluhur. Hembusan angin terasa sejuk dan menenangkan menambah kenyamanan selama berada di sana. Kuliner yang jadi andalan di wilayah ini iyalah nasi liwet, ikan bakar khas Sukasari, bakakak ayam dan rica rica entog,” jelas Kisun.

Menurutnya, potensi wisata ini akan sangat berdampak kepada perekonomian warga yang notabene penghasilannya dari pedagang dan nelayan.

“Dengan dibukanya kampung Madang sebagin Desatinasi Wisata masyarakat  di lokasi itu merasakan dampak peningkatan perekonomiannya. Warga diberi kesempatan yang luas untuk dapat membuka berbagai usaha yang mendukung wisatawan seperti usaha kuliner dan suvenir,” ucap Kisun.

Baca Juga:  Buka Tutup Jalan di Kota Bandung Dinilai Efektif Tekan Penyebaran Covid-19

Kisun berharap kepada masyarakat dan pengelola destinasi wisata kampung Madang supaya tetap memberikan pelayanan baik dan menyediakan fasilitas nyaman sehingga pengunjung senang untuk kembali menggunakan fasilitas yang disiapkan.

“Dengan demikian warga di sekitar destinasi wisata kampung Madang bisa memperoleh pendapatan dan meningkat kesejahteraannya,” ucapnya.

Terpisah, Pembina Komunitas Pecinta Alam Sukasari (Kompas), Mochamad Aripin menilai bahwa Kampung Madang layak sekali untuk menjadi objek wisata baru di kabupaten Purwakarta.

Pasalnya, kata dia, Kecamatan Sukasari yang berada di ujung barat Kabupaten Purwakarta, memiliki tipografi cukup menunjang, untuk dijadikan destinasi wisata alam, seperti kampung Madang ini.

Baca Juga:  Kantongi Tiket Golkar & Demokrat, Nurul Masih Cari Dukungan Tambahan

“Saat ini kami ikut mempersiapkan  destinasi wisata kampung Madang ini. Kami berencana objek wisata ini akan digabung dengan desa wisata agar pengelolaannya lebih tertata,” paparnya.

Ia menambahkan, pariwisata sudah menjadi salah satu tulang punggung pengembangan ekonomi di daerah. 

“Sekarang kami komunitas pencinta alam Sukasari juga banyak berinisiasi mengembangkan beberapa potensi wisata alam yang ada di Kecamatan Sukasari. Saya ingin masyarakat Purwakarta ataupun luar Purwakarta bisa menikmati segala destinasi wisata yang ada di Kecamatan Sukasari yang sangat indah dan tidak dimiliki di wilayah lain,” pungkasnya.

Penulis: Gigin Ginanjar