Berikut Makna Gerakan Sholat Yang Jarang Diketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Sholat bagi pemeluk agama Islam (muslim) tidak hanya ibadah ritual saja, tetapi ibadah (hubungan dengan Allah swt) yang memiliki makna yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sosial. 

Dengan kita melakukan ibadah Shalat akan mendatangkan pahala yang dapat dinikmati  di akhirat dan juga mendatangkan kemanfaatan untuk pribadi dan masyarakat selama kehidupan dunia. 

Berikut makna sholat yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Gerakan Takbiratul Ihram – Gerakan pertama saat solat, yaitu takbiratul ihram. Gerakan ini mengangkat kedua tangan. Makna dari gerakan tersebut yaitu menunjukkan bahwa seorang hamba itu seakan-akan tenggelam dalam lautan kesalahan-kesalahan dan kemaksiatan.

Baca Juga:  Ini Software Buatan Anak Desa, Permudah Data Kependudukan

2. Gerakan Rukuk – Setelah membaca surat pendek, gerakan kedua adalah ruku’. Rukuk’ memiliki makna seakan-akan seorang yang sedang melaksana kan shalat itu mengatakan, “Akulah hamba-Mu, dan sungguh aku telah menghamparkan tanganku kepadamu.”Kemudian saat bangkit dari rukuk, bermakna permohonan kepada Allah agar dibebaskan dari segala dosa. Lalu Allah berfirman, “Sungguh aku telah membebaskanmu dari segala dosa.”

Baca Juga:  Ineu : Program Pelatihan Keterampilan Masyarakat Desa Harus Konsisten

3. Sujud – Gerakan selanjutnya setelah rukuk’ adalah sujud. Makna dari sujud yang pertama saat diletakkannya dahi di atas tanah yaitu seakan-akan seorang hamba sedang berkata “dari tanahlah Engkau menciptakanku.”Lalu makna mengangkat kepala dari sujud yang pertama adalah seakan-akan seseorang mengatakan, “darinya (tanah) Engkau mengeluarkanku”, kemudian makna sujud yang kedua adalah seakan-akan mengatakan, “dan di dalamnya lah Engkau akan mengembalikanku (di kubur di dalam tanah ketika meninggal dunia).

Baca Juga:  Berbagi Kasih di Bulan Ramadhan, Kapolres Pematang Siantar Datangi Warga Tak Mampu

“Setelah itu, makna ketika bangun dari sujud yaitu seakan-akan mengatakan, “dan darinya (tanah) Engkau mengeluarkanku lagi (di bangkitkan di hari Kiamat untuk di hisab).”

4. Gerakan salam – Gerakan salam adalah gerakan terakhir dalam sholat. Setelah membaca attahiyat, seseorang akan mengucap salam sambil menoleh ke kanan lalu ke kiri. Gerakan salam memiliki makna doa.

“Ya Allah berikanlah aku catatan amalku dengan tangan kananku, dan janganlah Engkau memberikan catatan amalku dengan tangan kiriku.”

Penulis: Muhammad Amaludin