Gempa Bermagnitudo 4,7 Guncang Pangandaran, Getaran Terasa di Tasikmalaya

JABARNEWS | PANGANDARAN – Gempa bermagnitudo 4.7 mengguncang wilayah Pangandaran pada Jumat (15/1/2021) sekitar pukul 21.17 WIB.

Berdasarkan catatan BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 8.48 LS dan 108.66 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 kilometer Tenggara Pangandaran pada kedalaman 57 kilometer. 

Baca Juga:  Kongres ISNU, Beberapa Kandidat Calon Ketua Umum Muncul

Dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Pangandaran itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, terasa di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan seperti ada truk lewat dekat rumah). 

Baca Juga:  Jabar Akan Buat Bus Antikorupsi KPK

Di Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang dengan indikasi benda-benda tergantung bergoyang).

Baca Juga:  BMKG Prediksi Musim Hujan Mulai November 2019

Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Dari hasil monitoring BMKG, belum ada aktivitas gempabumi susulan. 

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber: BMKG