Pakar Kesehatan Unisba Sebut Penyebaran Covid-19 Belum Mencapai Puncak

JABARNEWS | BANDUNG – Pakar kesehatan dari Fakultas Kedokteran (FK) Unisba Widhy Yudhistira Nalapraya mengatakan bahwa saat ini penyebaran Covid-19 di Indonesia belum mencapai puncak karena kurva yang terus merangkak naik dan belum mengalami penurunan.

“Puncaknya pun belum tahu kapan terjadi,” kata Widhy dalam keterangan yang diterima, Minggu (17/1/2021).

Oleh karena itu, dia mengingatkan agar selalu melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) di tempat kesehatan sesuai dengan level infeksiusnya, menggunakan masker saat bepergian dan mengunjungi tempat umum/ramai, mencuci tangan, menjaga jarak minimal 2 meter, melaksanakan etika batuk dan bersin, dan menerapkan dekontaminasi seperti mandi saat akan keluar & pulang ke rumah.

Baca Juga:  Wisata Keraton Setiap Bulan Capai 20 Ribu Pengunjung

“Tetap mewaspadai penularan virus ini agar tidak tertular karena menurutnya terapi Covid-19 yang terbaik yaitu tidak terkena Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Guru Besar FK Unpad Prof. Dr. Kusnadi Rusmil mengungkapkan, vaksin Sinovac yang diproduksi oleh Cina aman digunakan dengan efikasi 65,3 persen karena sudah melalui uji pra klinis, uji klinis tahap 3 interim, bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan emergency use yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga:  Waspada Jika Leher Kanan Terasa Sakit, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

“Pemberian vaksin ini akan didahulukan kepada petugas kesehatan yang ada di depan, pekerja, guru, pelayanan masyarakat dan pekerja di pasar,” ungkap Kusnadi.

Baca Juga:  Begini Tips Menjaga Rambut Agar Tetap Lurus Usai Perawatan, Simak!

Dia menjelaskan bahwa tujuan dari dilakukannya vaksin yaitu untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat.

“Vaksin dapat melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, serta menjaga aktivitas seluruh spektrum masyarakat yang ada sehingga ekonominya dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.