Rencanakan Bangun RS Di Cimaung, Dadang Supriatna: Kita Buat Dulu DED

JABARNEWS | BANDUNG – Bupati Bandung terpilih Dadang Supriatna berencana membangun rumah sakit type C di Kecamatan Cimaung.

Menurutnya, lahan untuk pembangunan rumah sakit tersebut sudah tersedia di Desa Cikalong Kecamatan Cimaung dan memadai untuk dimanfaatkan.

Menurut Dadang, perlunya didirikan di Cimaung ini karena di wilayah selatan Kabupaten Bandung masih membutuhkan rumah sakit bagi warga di pelosok.

Baca Juga:  Kabar Hoax, WHO Tidak Merekomendasikan Tes Kehamilan Sebelum Vaksinasi

Bahkan, kata dia, secara umum Kabupaten Bandung sendiri masih kekurangan 2.000 tempat tidur untuk rawat inap.

“Untuk tahun ini kita buat dulu DED (detail engineering detail)-nya sehingga tahun 2022 sudah bisa mulai dibangun fisiknya. Tahap awal mampu menampung dulu 100 ruang inap untuk melayani pasien Cimaung, Pangalengan dan Banjaran,” kata Dadang, Minggu (17/1/2021).

Baca Juga:  Berdayakan Alumni Unpad, PBA Masifkan Gerakan UMKM di Kota Bandung

Dikatakan Dadang, pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, salah satunya rumah sakit, merupakan kewajiban pemerintah daerah untuk memenuhi hak pelayanan dasar masyarakat.

Baca Juga:  Hore.. Atlet Jabar Berprestasi Diguyur Hadiah Rp 2,205 Miliar

“Warga Kabupaten Bandung ada sekitar 3,3 juta jiwa sementara ruang rawat inap baru tersedia 1.500-an, masih diperlukan sekitar 2.000 ruang rawat inap,” ujarnya.

Selain di Cimaung, untuk tahun 2022, Dadang juga akan mebangun rumah sakit di Kertasari yang juga lahannya sudah tersedia.

Sumber: Inilah Koran