Lawan Covid-19, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Jalani Terapi Plasma

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Sempat mengalami masa kritis, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna beserta istri, Yuyun Yuningsih menjalani terapi plasma dalam perjuangan melawan Covid-19.

Dalam terapi tersebut, Aa Umbara dan istri menggunakan plasma darah pasien Covid-19 yang sudah sembuh. Plasma darah penyintas Covid-19 dianggap kaya dengan antibodi poliklonal.

“Terapi plasma dari penyintas Covid-19 sudah didapat buat Bapak dan Ibu. Soalnya, terapi plasma ini kan harus ada kesesuaian golongan darah,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Asep Sodikin, Minggu (17/1/2021).

Baca Juga:  Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan Saat Pulang Sekolah, Corbek Menancap di Pahanya

Terapi plasma yang dijalani oleh Aa Umbara beserta istri tersebut, terang dia, berdasarkan penjelasan dari Direktur Utama RSUD Lembang Eisen Hower Sitanggang, yang dipercaya menangani kesehatan bupati.

“Informasi yang dijelaskan dr. Eisen, Bapak ada gejala klinis. Jadi, segala sesuatu itu disiapkan di rumah, karena beliau ingin isolasi di rumah. Sempat ada sesak nafas juga, karena itu disiapkan alat bantu pernafasan,” katanya.

Menurut Eisen, plasma darah dari penyintas Covid-19 sudah diambil dan dimasukkan ke tubuh Aa Umbara beserta istri. Dia berharap agar proses pemulihan bisa berjalan maksimal, sehingga Aa Umbara beserta istri bisa beraktivitas normal.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Sagittarius, Capricorn dan Aquarius: Hari Penuh Cinta

Bersama petugas dari Dinas Kesehatan, Eisen mengaku terus memantau perkembangan kondisi bupati yang sedang menjalani isolasi mandiri. Bupati dan istri pun dijadwalkan akan menjalani tes PCR pada 19 atau 20 Januari 2021 mendatang. 

“Kondisi kesehatannya stabil dan bagus, tapi kami terus melakukan pemeriksaan antibodi beliau, untuk melihat progres per harinya,” kata dia.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Didorong Bentuk Komisi Informasi

Menurut dia, bupati mengeluhkan kondisi kesehatannya yang kurang baik sejak awal tahun 2021. Pihak medis lantas melakukan rapid test antigen pada 7 Januari 2021 lalu.

Lantaran didapat hasil positif Covid-19, Aa Umbara dan istri lalu dilakukan tes PCR dan pada 9 Januari 2021 lalu. Hasil dari tes PCR itu pun tetap positif. 

“Nantinya akan dilakukan tes PCR kedua. Kita doakan saja agar hasilnya negatif dan bupati cepat kembali beraktivitas,” katanya.

Penulis: Yoyo W