PMI Sukabumi Gelar Simulasi Evakuasi Mandiri Saat Gempa di Masa Pandemi

Selain selamat dari bencana gempa juga terbebas dari penyebaran Covid-19

imulasi penanganan korban bencana gempa bumi di pengungsiaan saat sedang dalam masa pandemi COVID-19 yang digelar PMI Kota Sukabumi, Jabar. (Foto: Antara)

JABARNEWS | SUKABUMI - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat, menggelar simulasi evakuasi mandiri untuk masyarakat di tingkat kelurahan saat terjadi bencana gempa bumi sesuai protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Simulasi yang langsung melibatkan warga ini dalam upaya kesiapsiagaan potensi gempa bumi, khususnya di saat pandemi seperti sekarang ini, agar selain selamat dari bencana gempa juga terbebas dari penyebaran Covid-19," kata Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo di Sukabumi, Minggu (17/1/2020).

Baca Juga:

Intensitas Hujan Tinggi, DPRD Jabar Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Lewat West Java Calendar, Ridwan Kamil Dorong Pemulihan Wisata dan Ekonomi



Pelaksanaan simulasi ini merupakan tindak lanjut kegiatan kesiapsiagaan akan terjadinya bencana gempa bumi yang sudah disusun dalam panduan standar operasional prosedur (SOP) evakuasi mandiri untuk warga tingkat kelurahan.

Sehingga masyarakat bisa mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing komponen saat terjadi bencana gempa bumi. Dalam pelaksanaannya dilaksanakan melalui dua skenario kegiatan yang terdiri dari latihan meja atau gladi ruangan, serta drill gladi simulasi lapangan.

Menurutnya, dalam panduan SOP penanganan evakuasi mandiri ini tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, menjaga kebersihan diri serta memisahkan orang sehat dengan warga yang bergejala COVID-19 saat melakukan evakuasi. Selain itu, dalam skenario penempatan pengungsian juga ada standar, pedoman, protokol kesehatan yang harus dilakukan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Penanganan Bencana Alam Penanganan gempa Simulasi Gempa Bumi Jabarnews Berita Jawa Barat berita Terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Pemancing Asal Toba Tewas Tenggelam di Sungai Asahan

Yana Mulyana Minta DPU Teliti Sungai di Balai Kota Bandung

Puluhan Wartawan di Cianjur Disuntik Vaksin Covid-19

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi