PMI Sukabumi Gelar Simulasi Evakuasi Mandiri Saat Gempa di Masa Pandemi

JABARNEWS | SUKABUMI – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat, menggelar simulasi evakuasi mandiri untuk masyarakat di tingkat kelurahan saat terjadi bencana gempa bumi sesuai protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Simulasi yang langsung melibatkan warga ini dalam upaya kesiapsiagaan potensi gempa bumi, khususnya di saat pandemi seperti sekarang ini, agar selain selamat dari bencana gempa juga terbebas dari penyebaran Covid-19,” kata Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo di Sukabumi, Minggu (17/1/2020).

Pelaksanaan simulasi ini merupakan tindak lanjut kegiatan kesiapsiagaan akan terjadinya bencana gempa bumi yang sudah disusun dalam panduan standar operasional prosedur (SOP) evakuasi mandiri untuk warga tingkat kelurahan.

Baca Juga:  Pesan Presiden Jokowi Untuk Anak Indonesia, Semangat Belajar dan Bergembira

Sehingga masyarakat bisa mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing komponen saat terjadi bencana gempa bumi. Dalam pelaksanaannya dilaksanakan melalui dua skenario kegiatan yang terdiri dari latihan meja atau gladi ruangan, serta drill gladi simulasi lapangan.

Menurutnya, dalam panduan SOP penanganan evakuasi mandiri ini tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, menjaga kebersihan diri serta memisahkan orang sehat dengan warga yang bergejala COVID-19 saat melakukan evakuasi. Selain itu, dalam skenario penempatan pengungsian juga ada standar, pedoman, protokol kesehatan yang harus dilakukan.

Baca Juga:  Tiga Baju Muslim Pria Akan Trend Di Lebaran 2021

“Intinya adalah bagaimana terkait penerapan 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,” ujarnya.

Suranto mengatakan, tempat pengungsian harus bisa diatur kapasitasnya agar para pengungsi tidak berdesakan. Selain itu, dilakukan penyekatan pembatasan dalam rangka menjaga jarak setiap anggota keluarga.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Garuda Bekasi yang juga dihadiri unsur Muspika Baros, petugas kelurahan, puskesmas, relawan dan masyarakat Baros. Dalam simulasi tersebut juga didampingi fasilitator dari PMI Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kota Sukabumi.

Baca Juga:  Mahfud MD: Kalau Golput, Orang Jahat Pimpin Negara

Diharapkan hasil dari simulasi itu para pihak yang terlibat di kelurahan bisa saling berkoordinasi, mengerti akan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan SOP yang telah dibuat. Kemudian simulasi itu juga diharapkan mampu memobilisasi dan memberdayakan kapasitas masyarakat dalam hal tanggap darurat bencana. Kegiatan kesiapansiagaan bencana gempa bumi didukung PMI Pusat, Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID.