Berikut Lima Cara Merawat Kesehatan Gigi

JABARNEWS | BANDUNG – Gigi merupakan salah satu organ penting pada tubuh manusia yang berfungsi untuk memotong dan menghancurkan makanan, sehingga mudah ditelan dengan baik. Gigi yang berlubang bisa mengganggu kenikmatan pada saat makan.

Kerusakan gigi dan penyakit gusi adalah masalah kesehatan mulut yang disebabkan oleh plak, kombinasi lengket antara bakteri dan makanan. Plak mulai menumpuk di gigi dalam beberapa menit setelah makan. Jika gigi tidak dibersihkan dengan baik setiap harinya, maka plak akan menyebabkan kerusakan gigi atau penyakit gusi.

Baca Juga:  Terpapar Covid-19, Pria di Cianjur Dimakamkan dengan Protokol Kesehatan

Dilansir dari beberapa sumber, Berikut cara merawat gigi: 

1. Sikat gigi setelah makan – Mungkin anda sering mendengar bahwa menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Namun sebenarnya, untuk mencegah gigi berlubang, disarankan menyikat gigi setidaknya setiap kali selesai makan, dan jangan lupa untuk membersihkan gigi dengan benang gigi. 

2. Berkumur – Selain menyikat gigi, berkumurlah menggunakan cairan pembersih mulut. Berkumur cukup ampuh untuk menghilangkan plak dan bakteri dari dalam mulut. Berkumur tidak kalah pentingnya dengan menyikat gigi. Plak menghasilkan asam penyebab gigi berlubang, yang jika dibiarkan dapat juga mengganggu gusi.

Baca Juga:  Polsek Wanayasa dan Warga Bersihkan Selokan Cegah DBD

3. Jangan Merokok – Kandungan nikotin dalam rokok dapat memberikan warna kuning pada gigi, bukan hanya itu rokok juga dapat membuat bau mulut.

4. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride  – Dalam hal pasta gigi, fluorida adalah elemen penting untuk menjaga kesehatan gigi. Zat flourida menjadi andalan dalam hal menjaga kesehatan mulut sejak lama. Ini karena zat fluorida adalah pertahanan terdepan dalam melawan kerusakan gigi. 

Baca Juga:  Berikut Sejarah BMW Beserta Ciri Khas Mobil BMW

5.  Batasi Makanan Manis dan Asam – Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam. Pada akhirnya, gula akan diubah menjadi asam di mulut, yang kemudian dapat mengikis email gigi. Asam inilah yang menyebabkan gigi berlubang. Buah-buahan asam, teh, dan kopi juga bisa merusak enamel gigi.

Penulis: Muhammad Amaludin