Manfaatkan Youtube, Pemkot Depok Maksimalkan Pembelajaran Sekolah Secara Daring

JABARNEWS | DEPOK – Sejumlah guru dan siswa di Kota Depok menyambut baik peluncuran kanal Youtube ‘Belajar Bersama Disdik Depok.’ Program yang diinisiasi oleh Pemerintah kota (Pemkot) Depok ini, dinilai sangat membantu siswa dalam mengikuti Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) selama pandemi Covid-19.

“Dengan adanya Youtube ini sangat membantu, paling tidak siswa mempunyai warna baru, sehingga lebih tertarik dan semangat selama kegiatan BDR,” ujar Dudih Rohadi, Wakil Kepala SMPN 4 Depok, di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Senin (18/01/2021).

Baca Juga:  Jangan Asal! Begini Tips Aman Transaksi Digital

Dia mengatakan, adanya kanal Youtube ini juga membuat para guru semakin kreatif dan inovatif. Dengan begitu, murid dapat menerima dan memahami pembelajaran, meski tidak bertatap muka secara langsung.

“Sudah otomatis, guru dituntut harus lebih kreatif, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Jangan sampai kita menjadi tidak berdaya,” katanya.

Baca Juga:  Ketentuan Kenaikan UMP Tahun 2023 dan Jadwal Pengumumannya

Senada dengan itu, Tati Maryati, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris, SMPN 16 Depok menyebut, adanya kanal ini membuat siswa dapat belajar kapan pun. Orang tua siswa juga dapat memantau langsung kegiatan belajar mengajar anaknya.

“Di sisi lain orang tua jadi tau juga materi-materi yang disampaikan oleh gurunya. Jadi bisa membantu belajar dari rumah,” ujar Tati.

Baca Juga:  Kemarin, BMKG Laporkan Gempa Guncang Tiga Wilayah di Indonesia

Di tempat yang sama, Detalia Boru Sihotang, siswi SMPN 13 Depok, mengaku sangat terbantu dengan adanya kanal Youtube tersebut. Sebab, selama ini materi yang diberikan gurunya kerap terkendala.

“Kalau di Youtube bisa aku ulang-ulang materinya, jadi materi yang kurang paham bisa dilihat lagi,” ucapnya. (Red)