Selesai Penugasan, Satgas Yonarmed 9 Kostrad Kembali Ke Satuan Masing-masing

JABARNEWS | PURWAKARTA – Berlangsung dengan hikmat dan penuh rasa bangga upacara pelepasan Satgas Yonarmed 9 Kostrad yang telah mengakhiri masa tugasnya di wilayah Maluku Utara.

Pelepasan dilakukan di Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate, Maluku Utara itu tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Danrem 152/Babullah, Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan.

Diketahui, selama pelaksanaan tugas kurang lebih 10 bulan, Satgas Yonarmed 9 Kostrad telah berhasil membantu Kolakops Rem 152/Babullah guna menciptakan situasi yang kondusif serta memberikan rasa aman bagi masyarakat di wilayah Maluku Utara.

Danrem 152/Babullah, Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan memberikan apresiasi kepada personil Satgas Yonarmed 9 Kostrad yang mampu melaksanakan tugas dengan sangat baik serta diimbangi dengan tanpa pelanggaran dan juga tanpa korban jiwa.

Baca Juga:  Waspada! Kasus DBD di Purwakarta Alami Peningkatan

“Suatu pencapaian yang sulit dilakukan oleh satuan yang melaksanakan tugas di daerah operasi, namun Satgas Yonarmed 9 Kostrad mampu melaksanakannya dengan sangat baik,” ungkap Brigjen TNI Imam, dalam keterangan tertulis dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, pada Senin (18/1/2021).

Sementara, Komandan Satgas, Mayor Arm Andi Achmad Afandi, mengatakan, mengungkapkan, setelah dilepaskan oleh Danrem 152/Babullah, Satgas Yonarmed 9 Kostrad akan kembali kesatuan asal dengan menggunakan KRI 503/Teluk Amboina.

“Banyak kinerja yang telah dilakukan oleh Satgas Yonarmed 9 Kostrad dan berbuah manis, sehingga mengantarkan Satgas Yonarmed 921/Kostrad meraih prestasi dalam penugasan dengan maksimal,” ucap pria yang akrab disapa Andi itu.

Baca Juga:  SMAN 1 Jatiluhur Punya Kepsek Baru

Tak lupa, Dirinya juga mengucapkan banyak terimakasih Danrem 152/Babullah beserta jajaran yang telah membimbing Satgas Yonarmed 9 Kostrad selama pelaksanaan penugasan di Bumi Kieraha, Maluku Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Danrem 152/Babullah beserta jajaran yang telah membimbing kami selama pelaksanaan penugasan ini. Hasil yang kami raih merupakan wujud dari kerja sama dengan Kolakops 152/Babullah yang selalu membantu kami dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan. Alhamdulillah semua personil selamat dan sehat selama penugasan,” ucapnya.

Baca Juga:  Soal Hibar Budaya di Kuningan, Uu Ruzhanul Ulum: Bentuk Pelestarian Adat Sunda

Dengan selesainya penugasan ini, Andi menambahkan, Satgas Yonarmed 9 Kostrad pamit untuk undur diri kembali ke satuan masing-masing.

“Penugasan kami sudah selesai, dan berterima kasih dalam pelepasan kami dengan penuh kebanggaan dan kehormatan, banyak pengalaman yang kami dapatkan.” ungkap Mayor Afandi.

Dijelaskannya, Komandan Satgas Yonarmed 9 Kostrad mengingatkan kepada prajurit, agar selama perjalanan kembali ke satuan induk, perhatikan faktor kesehatan khususnya protokol pencegahan Covid-19 di masa pandemi global saat ini.

“Selain itu juga, perhatikan keamanan personel dan materiil, hindari hal-hal yang dapat merugikan nama satuan maupun diri sendiri,” sambungnya.

Penulis: Gigin Ginanjar