Sejak Tahun Baru, Kasus Covid-19 di Kota Bandung Terus Meningkat

JABARNEWS | BANDUNG – Sehabis masa liburan akhir Desember lalu, kasus Covid-19 di Kota Bandung terus mengalami penambahan. Tingkat keterisian rumah sakit di Kota Bandung pun sudah mencapai 90,72 persen.

Ketua Satgas Harian Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, data tersebut merupakan akumulasi keterisian rumah sakit sebanyak 1.193 unit. Saat ini, fasilitas tempat tidur yang tersisa hanya 122 unit.

Baca Juga:  Profesor Hukum: Jangan Mau MK Diajak Jadi ‘Mahkamah Kliping’

“Keterisian kamar tidur RS itu di angka 90.72 persen. Masih ada 122 tempat tidur kosong,” kata Ema, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Bandung tersebut, Senin (18/1/2021).

Di sisi lain, angka kasus Covid-19 aktif di Kota Bandung yang saat ini berstatus zona oranye sudah tembus di angka seribu. Dari data sementara, secara kumulatif, kasus Covid-19 mencapai 7.062 kasus.

Baca Juga:  TKP Pesta Miras Oplosan Berujung Maut di Purwakarta, Kerap Jadi Tempat Mabuk

Rinciannya, 1.135 kasus positif aktif, kasus pasien sembuh 5.764 dan pasien meninggal dunia sebanyak 163 kasus. Namun, ia memastikan belum ada temuan kasus Covid-19 dengan jenis yang baru.

“(Peningkatan kasus signifikan) karena konsekuensi pengetesan dan tracing yang masif, 1.135 (aktif) penambahan 58 sudah mencapai angka satuan ribu aktif makanya hati-hati,” ujarnya.

Baca Juga:  Berkedok Jual Sendal, Polisi Purwakarta Sita Miras di Pasar Anyar

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan salah satu faktor peningkatan kasus Covid-19 ini tidak terlepas masa liburan pada Desember lalu.

“(Kenaikan) paska liburan, klaster keluarga, kunjungan antar teman, keluarga dan antar daerah,” ucap dia.

Penulis : Yoyo W